Perusahaan Padat Karya Jadi Prioritas Job Fair

Perusahaan Padat Karya Jadi Prioritas Job Fair

Ribuan pencari kerja menyerbu kegiatan job fair 2022 di GOR satria, Selasa (29/11). Ahmad Erwin / Radarmas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, bakal memprioritaskan perusahaan padat karya dalam Banyumas job fair hybrid 21 - 22 November di Gor Satria Purwokerto.

Itu sebagai upaya menekan angka pengangguran terbuka, yang saat ini jumlahnya masih sekitar 52 ribu.

"Ini masih proses rekap, sudah ada 32 perusahaan yang mendaftar untuk ikut job fair," kata Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Wahyu Dewanto melalui Kabid P3K2T (Pelatihan, Penempatan, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi) DinakerkopUKM Kabupaten Banyumas Maya Yuliani.

Ia menambahkan, dari perusahaan tersebut sudah ada beberapa perusahan padat karya yang mendaftar. Bahkan dari perusahaan itu, ada yang membutuhkan 2.000 karyawan.

"Ini yang dari luar ada dari Semarang, Kebumen, kalau di Banyumas ada empat yang padat karya. Lainnya masih di office," jelasnya.

BACA JUGA:Sebuah Sepeda Motor Tak Bertuan Ditemukan di Kebun Cabe Milik Warga di Ajibarang

BACA JUGA:Kekeringan di Banyumas Diperkirakan Hingga Akhir November, Meski Sudah Mulai Turun Hujan

Lanjut, pihaknya saat ini memang memprioritaskan perusahaan padat karya yang bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja. Dengan demikian bisa menekan angka pengangguran terbuka secara signifikan.

"Ini job fair kedua yang kami selenggarakan. Kemarin juga teman-teman dari SMK juga menggelar job fair," ujarnya.

Job fair sendiri ia nilai, cukup efektif dalam mengurangi angka pengangguran. Pihaknya berharap kawasan industri di Kabupaten Banyumas bisa segera terealiasi.

"Job fair pertama itu ada 600 tenaga kerja yang terserap," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: