Inilah 6 Cara Ampuh Perawatan Kulit Gatal

Inilah 6 Cara Ampuh Perawatan Kulit Gatal

Inilah 6 Cara Ampuh Perawatan Kulit Gatal -Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pruritus atau yang lebih dikenal sebagai gatal, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kulit yang mengalami rasa gatal dapat muncul karena berbagai faktor. Beberapa penyebab umum gatal termasuk alergi terhadap serbuk tanaman, seperti ragweed atau poison ivy.

Psoriasis merupakan kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik dan kering karena adanya penumpukan sel kulit, serta menimbulkan rasa gatal di sekitar area kulit yang kering. Selain itu, gatal juga dapat dipicu oleh gigitan serangga.

Mungkin Anda merasa bingung tentang cara mengatasi rasa gatal pada kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara ampuh perawatan kulit gatal yang bisa dilakukan. 

1. Mengoleskan Pelembap pada Kulit


Pertama, perawatan kulit gatal yang bisa dilakukan yaitu dengan mengoleskan pelembap pada kulit. Menggunakan pelembap seperti krim atau losion dapat membantu menjaga kelembapan pada lapisan kulit terluar. 

BACA JUGA:Cara Mudah Perawatan Kaki Kering Agar Tidak Semakin Parah

BACA JUGA:Begini Perawatan Kulit Kering yang Mudah!

Pelembap memainkan peran penting dalam merawat kondisi kulit yang cenderung gatal dan kering. Disarankan untuk memilih pelembap yang mengandung emolien. Salah satu cara terbaik untuk mengaplikasikan pelembap adalah setelah selesai mandi.

2. Gel Lidah Buaya

Salah satu metode alami untuk perawatan kulit gatal adalah menggunakan gel lidah buaya atau produk pendingin mentol untuk meredakan gatal ringan yang disebabkan oleh sengatan matahari atau gigitan nyamuk. Gel lidah buaya memberikan efek pendinginan yang bermanfaat dalam mengurangi rasa gatal.

3. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat antijamur yang membuatnya digunakan untuk perawatan kulit gatal yang terkait dengan infeksi jamur. Caranya cukup mudah, cukup tambahkan seperempat cangkir soda kue ke dalam bakmandi yang berisi air hangat. Alternatifnya, Anda juga dapat mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan kemudian mengoleskannya langsung ke area yang terasa gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: