5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Cara Menghilangkan Ketombe-Freepik-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Cara menghilangkan ketombe secara alami bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat diterapkan di lingkungan rumah. Metode alami yang beragam ini tidak hanya efektif mengatasi ketombe, tetapi juga membantu meredakan rasa gatal di kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

Biasanya, ketombe lebih sering ditemui karena minyak yang berlebihan di kulit kepala, tingkat stres, fluktuasi hormon, dan berbagai masalah kesehatan tertentu seperti infeksi jamur pada kulit kepala, psoriasis, serta dermatitis seboroik.

Walaupun umumnya tidak menimbulkan risiko kesehatan, keberadaan ketombe bisa memberikan ketidaknyamanan dalam penampilan. Selain penggunaan sampo khusus anti-ketombe, terdapat berbagai cara menghilangkan ketombe secara alami yang dapat diaplikasikan sendiri di rumah.

1. Mengaplikasikan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan ketombe secara alami yang pertama adalah dengan mengaplikasikan minyak kelapa. Sumber minyak ini berasal dari ekstrak daging segar atau daging kelapa yang telah dikeringkan. Kegunaan utamanya adalah memberikan kelembapan pada kulit kepala dan rambut, sekaligus meningkatkan kelembutan dan kesehatan rambut.

BACA JUGA:Tips Mengatasi Kulit Kepala Anda Sering Berminyak Dan Berketombe

BACA JUGA:Inilah Perbedaan Hair Mask, Hair Spa, dan Creambath Beserta Pengertiannya untuk Perawatan Rambut

Prosedur menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi ketombe sangatlah sederhana. Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala, melakukan pijatan perlahan, dan membiarkannya meresap semalaman. Esok paginya, Anda dapat melakukan keramas seperti biasa.

2. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Sifat antiradang dan antijamur yang dimiliki oleh gel lidah buaya dapat mengatasi peradangan di kulit kepala yang menjadi pemicu munculnya ketombe. Selain menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami, gel lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gatal-gatal dan memperkuat helai rambut.

Untuk mengatasi ketombe, Anda dapat menciptakan masker lidah buaya dengan langkah-langkah berikut:

  • Kupas dan hancurkan 1 batang lidah buaya, lalu campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa.
  • Oleskan masker ini ke rambut dan kulit kepala. Selanjutnya, tutupi rambut dengan shower cap dan bungkus kepala dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. Lakukan perawatan ini seminggu sekali hingga ketombe hilang.

3. Membersihkan Rambut dengan Cuka Apel 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: