Rabu Pagi, Gempa 2,8 SR Guncang Cilacap

Rabu Pagi, Gempa 2,8 SR Guncang Cilacap

Gempa 2,8 SR guncang perairan Cilacap, Rabu (8/11/2023).-BMKG untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 2,8 SR guncang perairan selatan CILACAP, Rabu (8/11/2023) pukul 08.06 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, pusat gempa berada di koordinat 8.47 Lintang Selatan (LS) dan 108.94 Bujur Timur (BT). Berjarak 83 kilometer Barat Daya Cilacap. Dengan kedalaman 27 kilometer.

"Tidak berpotensi tsunami. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya gempa-gempa kecil. Ini dapat meminimalisasi terjadinya gempa yang lebih besar," ujarnya. 

Dikatakan Hery, Kabupaten Cilacap merupakan daerah rawan gempa dan bencana tsunami. Hal ini disebabkan, adanya pertemuan lempeng teknonik di Selatan Jawa yang merupakan sumber gempa.

BACA JUGA:Cilacap Kembali Diguncang Gempa Berkekuatan Kecil

BACA JUGA:Cilacap Diguncang Gempa Kecil Berturut-Turut

Kepala TU UPT BPBD Kroya, Mijan mengatakan, Kabupaten Cilacap memiliki sejumlah potensi bencana. Yakni banjir, tanah longsor, kekeringan, angin kencang hingga gempa bumi.

Mijan mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi upaya mitigasi khususnya di wilayah Cilacap bagian timur.

Dalam penanganan bencana, dikatakan, harus dilakukan secara terkoordinasi, terpadu dan menyeluruh dengan melibatkan semua unsur yang ada. 

"Dalam upaya mitigasi bencana, ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan yakni tahap pra-bencana, tahap tanggap darurat serta pasca bencana," katanya.

Mijan berharap, dengan intensitas sosialisasi maupun simulasi bencana yang sering dilakukan BPBD Cilacap dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: