CEK ! Tips dan Persiapan Pengendara Sepeda Motor Agar Aman Menghadapi Musim Hujan

CEK ! Tips dan Persiapan Pengendara Sepeda Motor Agar Aman Menghadapi Musim Hujan

Pengendara sepeda motor menerobos hujan yang mengguyur jalan Kolonel Sugiono, Purwokerto.-Dimas Prabowo/Radarmas-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meski suhu semakin panas, namun berdasarkan perkiraan cuaca, musim kemarau perlahan akan berganti menjadi musim hujan. Hujan sudah mulai turun di beberapa daerah di Indonesia. Termasuk di wilayah Kabupaten Banyumas, terutama Purwokerto dan sekitarnya, yang sudah mulai turun hujan dengan intensitas sedang sejak beberapa hari terakhir.

Meski belum merata, akan tetapi seperti diprakiraan BMKG Jawa Tengah, pekan ini wilayah Kabupaten Banyumas, terutama wilayah di sekitar lereng Gunung Slamet hingga Purwokerto akan mulai turun hujan ringan.

Hal ini jelas menjadi kabar gembira bagi sebagian besar orang. Namun mungkin menjadi kabar duka bagi pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. Bagaimana tidak, bagi sebagian pengendara sepeda motor, hujan merupakan hal yang paling tidak ingin dijumpai saat di perjalanan.

Selain menghambat perjalanan, hujan juga kerap membahayakan bagi pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, disini kita akan membahas mengenai tips dan persiapan pengendara sepeda motor untuk menghadapi musim penghujan. Tidak hanya soal persiapan kesehatan, tetapi juga persiapan perlengkapan wajib yang perlu dibawa saat mengendarai sepeda motor di musim hujan.

BACA JUGA:Hujan Mulai Turun, Permintaan Air Bersih di Banyumas Masih Tinggi

BACA JUGA:Hujan Mulai Turun, Krisis Air Bersih di Purbalingga Masih Meluas

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan agar tetap nyaman berkendara saat hujan. Berikut beberapa tips dan saran yang harus dilakukan bagi pengendara sepeda motor saat menghadapi musim hujan:

1. Cek kembali kondisi jas hujan Anda. Apakah masih bagus atau sudah rusak. Bila rusak segeralah menggantinya dengan yang baru.

2. Pastikan ulir roda kendaraan Anda masih bagus. Kalau sudah gundul harap segera diganti. Roda kendaraan dalam kondisi gundul akan menjadi sangat licin apabila bertemu dengan aspal yang basah.

3. Bawalah selalu kantung plastik untuk menaruh berbagai barang bawaan anda yang mudah basah.

BACA JUGA:Memasuki Musim Penghujan di Banyumas, Warga di Daerah Rawan Bencana di Himbau Waspada

BACA JUGA:Musim Hujan Diprediksi Mundur, Ribuan Hektare Sawah di Cilacap Terdampak Kekeringan

4. Belilah sepatu lebih dari satu, atau bawalah sendal. Jadi saat menerabas hujan, kaki kita tetap aman dengan menggunakan alas kaki. Karena berkendara tanpa alas kaki sangat tidak aman, apalagi dalam kondisi hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: