Lestarikan Bahasa Indonesia di Banyumas Lewat Lomba Kebahasaan

Lestarikan Bahasa Indonesia di Banyumas Lewat Lomba Kebahasaan

LOMBA KEBAHASAAN : Peserta lomba kebahasaan dari berbagai seluruh SMP yang ada di Kabupaten Banyumas.-UMI UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Banyumas, punya cara tersendiri menumbuhkan rasa cinta generasi penerus terhadap Bahasa Indonesia. Cara itu diwujudkan lewat, Lomba Kebahasaan Dalam Rangka Bulan Bahasa, Senin (6/11) di SMP N 1 Baturraden.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Banyumas Umi Zaenab mengatakan, lomba tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan menyambut bulan bahasa. Ada dua kategori yang dilombakan yaitu lomba bercerita dan menulis cerpen.

"Total peserta untuk lomba bercerita ada 89, dan  113 peserta untuk lomba menulis cerpen," kata dia.

Lomba kali ini mengusung tema Menggali Bakat Keterampilan Berbicara dan Menulis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Serta Kemandirian Menuju Insan yang Berakhlak Mulia.

BACA JUGA:650 Pelajar di Banyumas Beradu Kreatifitas dalam Lomba Mewarnai

BACA JUGA:Verifikasi Lapangan Lomba Desa Wisata Nusantara di Desa Karangkemiri, Karanglewas, Dijadwal Pekan Depan

"Kalau hadiah karena ini internal Juara 1, 2, 3 mendapat sertifikat kemudian mendapatkan piala dan uang pembinaan dua mata lomba hanya Rp 2 juta. Untuk literasi Bahasa Indonesia. Setiap tahun mata lomba berbeda-beda dikaitkan dengan Bahasa Indonesia," ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan, lomba tersebut menjadi salah satu upaya nyata menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap Bahasa lndonesia.

"Karena Bahasa menunjukan kepribadian. Sudah menjadi kewajiban generasi penerus untuk melestarikan Bahasa Indonesia," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: