Cara Mengembalikan Warna Kulit yang Belang Karena Sinar Matahari

Cara Mengembalikan Warna Kulit yang Belang Karena Sinar Matahari

Cara merawat kulit yang belang karena terkena sinar matahari.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sering terpapar sinar matahari dapat merusak kulit. Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari dapat membuat kulit kurang terlindungi dengan pakaian yang berwarna gelap dibandingkan dengan kulit yang tertutup pakaian. 

Keadaan ini bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri saat ingin mengenakan pakaian terbuka, bukan ? 

Namun, kulit manusia mempunyai kemampuan untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Saat terkena sinar matahari, tubuh langsung memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel yang rusak akibat radiasi.

Pigmen melanin inilah yang membuat kulit menjadi gelap. Semakin lama kamu berada di bawah sinar matahari, sel-sel kulit kamu akan semakin rusak sehingga menyebabkan kulit kamu menjadi gelap. 

BACA JUGA:Tips Alami Merawat Kesehatan Bibir Agar Tidak Pecah-Pecah

BACA JUGA:Rahasia Tetap Langsing Walaupun Makan Banyak, Cocok Untuk Kamu yang Hobi Ngemil!

Bukan hanya paparan sinar matahari saja, masih banyak lagi penyebab perubahan warna kulit lainnya. Paparan polusi secara terus-menerus dapat mengubah warna kulit.

Perubahan hormonal juga bisa menyebabkan seseorang memiliki warna kulit yang tidak merata. Ruam kulit yang disebabkan oleh perubahan hormonal lebih sering terjadi pada wanita hamil atau wanita yang menggunakan alat kontrasepsi.

Pelajari cara merawat kulit yang teriritasi

Kabar baiknya, kulit yang menghitam bisa kembali ke warna kulit aslinya. Namun, butuh waktu lama, sekitar beberapa minggu bahkan berbulan-bulan, hingga melanin bisa hilang dari bagian kulit tersebut. 

Cari tahu apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah warna kulit yang tidak diinginkan, termasuk:

BACA JUGA:Tips Menentukan Uang Jajan Anak Sekolah

BACA JUGA:Manfaat dan Tips Manajemen Waktu yang Efektif

1. Gunakan tabir surya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: