Gara-Gara Puntung Rokok, Limbah Serbuk dan Kayu Milik UD Cipta Karya Mandiri Majenang, Cilacap Terbakar

Gara-Gara Puntung Rokok, Limbah Serbuk dan Kayu Milik UD Cipta Karya Mandiri Majenang, Cilacap Terbakar

Petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar limbah serbuk kayu di UD Cipta Mandiri Karya di Majenang, Kamis (2/11/2023) dini hari.-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pabrik pengolahan kayu UD Cipta Karya Mandiri milik Aris Topan (43) yang berada di Desa Bener, Kecamatan Majenang, Kabupaten CILACAP, terbakar pada Rabu (1/11/2023) sekitar pukul 23.15 WIB. Diduga penyebab kebakaran, puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Dari keterangan saksi di lokasi kejadian, ketika lewat di area depan pabrik melihat asap tebal dari arah belakang pabrik. Ketika dilakukan pengecekan, ternyata limbah serbuk kayu dan kayu gelondongan sudah dalam keadaan terbakar.

"Api dengan cepat menyebar. Khawatir meluas hingga ke bangunan pabrik, saksi segera melaporkan ke warga sekitar dan diteruskan ke pos Damkar Majenang," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Kamis (2/11/2023).

Pos Damkar Majenang segera menerjunkan petugas jaga sebanyak 5 orang dibantu 2 orang relawan. dengan menggunakan mobil pemadam berkapasitas 9.000 liter air.

BACA JUGA:Waspada, Kabupaten Cilacap Jadi Target Peredaran Obat-Obatan Terlarang

BACA JUGA:Hadapi Putaran Kedua Pegadaian Liga 2, PSCS Cilacap Datangkan Amunisi Baru

"Quick respon kami 5 menit setelah adanya laporan, kemudian segera dilakukan pemadaman. Sekitar 1 jam api berhasil dipadamkan, dilanjutkan dengan overhaul sekaligus pendataan," lanjutnya.

Dari hasil pendataan, kayu gelondongan sebanyak 3 kubik serta 1 unit mesin pemotong kayu terbakar. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 15 juta. Sedangkan penyebab diduga puntung rokok yang dibuang secara sembarangan.

"Kita berikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok serta membakar sampah secara sembarangan, karena dapat memicu terjadinya kebakaran," tandasnya.

Sebagai prosedur tetap setelah giat pemadaman, dilakukan sosialisasi aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaannya kemudian membagikan nomor pos Damkar kepada masyarakat. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: