Bayi Baru Lahir di Cilacap Kini Bisa Urus Akta Kelahiran Langsung di 10 Rumah Sakit, Ini Nama Rumah Sakitnya

Bayi Baru Lahir di Cilacap Kini Bisa Urus Akta Kelahiran Langsung di 10 Rumah Sakit, Ini Nama Rumah Sakitnya

Pj Bupati bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Disdukcapil saat melakukan MoU dengan sejumlah stakeholder -Humas Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Masyarakat di Kabupaten CILACAP kini semakin mudah dalam melakukan pembuatan akta kelahiran. Hal itu dikarenakan, Pemkab CILACAP sudah bekerjasama dengan 10 rumah sakit untuk mempermudah layanan tersebut.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Annisa Fabriana mengatakan, saat ini bayi yang baru lahir di Kabupaten Cilacap bisa langsung memperoleh akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dikatakan Annisa, pihaknya bersama instansi terkait telah mengintegrasikan layanan pembuatan seluruh dokumen kependudukan di Kabupaten Cilacap.

"Ini meliputi penambahan anggota keluarga dalam KK, akta lahir dan KIA. Penambahan anggota keluarga dalam KK akan menjadi dasar diterbitkan akta kelahiran dan KIA," katanya. 

BACA JUGA:Cegah Perundungan, Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Wujudkan Sekolah Ramah Anak

BACA JUGA:Perekaman KTP Elektronik Bagi Para Pemilih Pemula di Cilacap Belum Memenuhi Target

Pihaknya berharap, hal tersebut akan berjalan dengan baik. Selain itu, jika terdapat masalah dan kendala teknis di lapangan bisa segara dikoordinasikan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr Pramesti Griana Dewi mengatakan, pihaknya meminta kepada petugas admin di 10 rumah sakit tersebut untuk aktif menginput data.

"Penginputan data ini dalam sistem pencatatan secara digital data kematian Maternal dan Perinatal di Indonesia (MPDN). Nantinya data tersebut akan digunakan untuk meninjau kembali status akreditasi rumah sakit yang bersangkutan," kata Pramesti.

Adapun 10 rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkab Cilacap yakni Rumah Sakit Pertamina Cilacap, Rumah Sakit Umum Aghisna Medika Sidareja, Rumah Sakit Umum Aghisna Medika Kroya, Rumah Sakit Umum Afdila Cilacap dan Rumah Sakit Umum Aprillia Cilacap.

Kemudian Rumah Sakit Umum Santa Maria Cilacap, Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap, Rumah Sakit Umum Duta Mulya Majenang, Rumah Sakit Ibu dan Anak Annisa Cilacap, dan Rumah Sakit Umum Raffa Majenang. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: