Diduga Akibat Puntung Rokok, Tumpukan Sampah di Komplek Pasar Karangpucung, Cilacap Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Tumpukan Sampah di Komplek Pasar Karangpucung, Cilacap Terbakar

Petugas Damkar saat berusaha memadamkan kobaran api yang membakar sampah di komplek Pasar Karangpucung, Senin (23/10/2023) malam.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tumpukan sampah yang berada di komplek Pasar Karangpucung, Kecamatan Karangpucung. Kabupaten CILACAP terbakar pada Senin (23/10/2023) sekitar pukul 19.00 WIB. Kejadian tersebut membuat warga sekitar pasar panik.

Dari keterangan saksi di lokasi kejadian, kobaran api terlihat membakar tumpukan sampah dan membesar hingga ke atap bangunan pasar. Kemudian saksi meminta bantuan warga untuk memadamkan secara manual, dan segera menghubungi Pos Damkar Majenang.

"Begitu mendapat laporan, kita segera mengirimkan 1 unit mobil pemadam dengan 4 personil dan segeram melakukan pemadaman dibantu petugas TNI dan Polri serta warga sekitar," kata Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi, Selasa (24/10/2023).

Kurang dari setengah jam, kobaran api berhasil dipadamkan dan dilanjutkan dengan pendataan. Penyebab diduga karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

BACA JUGA:Tinggalkan Tungku Dalam Kondisi Menyala, Dapur Rumah Warga Rawajaya, Cilacap Kebakaran

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

"Kerugian nihil, karena api berhasil dipadamkan sebelum menyambar atap bangunan pasar sedangkan penyebab diduga puntung rokok yang dibuang secara sembarangan," lanjutnya.

Sebagai prosedur tetap, disosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP berikut cara penggunaannya serta membagikan nomor pos damkar kepada masyarakat.

"Kita berikan imbauan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Saat ini sedang musim kemarau panjang, percikan api kecil saja bisa memicu kebakaran besar jadi kita minta warga waspada," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: