Persiapan Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, KSM Terima Pinjaman Mesin Penghancur Bahan Pupuk Organik

Persiapan Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, KSM Terima Pinjaman Mesin Penghancur Bahan Pupuk Organik

Petugas KSM Jibaku Bersih mencoba menghidupkan mesin Appo pinjaman dari Pemkab Banyumas pada Selasa (24/10/2023) di hanggar Desa Ajibarang Kulon.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Selasa ini (24/10), Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Jibaku Bersih menerima pinjaman mesin penghancur bahan pupuk organik (Appo) dari Pemkab BANYUMAS. Pinjaman mesin sebagai persiapan operasional hanggar sampah Ajibarang Kulon.

Kepala Desa Ajibarang Kulon, M. Solikhin mengatakan, mesin Appo dipinjamkan kepada KSM Jibaku Bersih untuk mendukung operasional hanggar Ajibarang Kulon. Untuk launching operasional hanggar pihaknya merencanakan dapat dilaksanakan pekan ini. Adapun untuk Peraturan Desa (Perdes) saat ini terus dimatangkan.

"Malam ini (Selasa, red) akan dilaksanakan rapat memfixkan Perdes dan persiapan launching operasional hanggar," katanya ditemui Radarmas, Selasa (24/10/2023).

Solikhin menjelaskan, untuk pengoperasian mesin Appo dengan bahan bakar solar, mengawali operasional hanggar dari pihak desa yang menganggarkan. Dengan kapasitas mesin 1.500 sampai 1.700 kilogram per jam, sebelum diterima mesin Appo terlebih dahulu telah dilakukan pengecekan.

BACA JUGA:Operasional Hanggar Sampah Ajibarang Kulon, Banyumas Mundur

BACA JUGA:Rencana Pembangunan Hanggar Sampah Desa Pandansari Masih Pencarian Lokasi

"Yang diminta awalnya konveyor. Mungkin ke depan bertahap dari mesin Appo," terang dia.

Adapun hanggar Ajibarang Kulon yang dibangun oleh desa tahun ini menjadi upaya desa dibantu oleh KSM Jibaku Bersih agar desa lebih mandiri dalam pengelolaan sampah warganya.

"Sementara hanggar melayani warga Dusun I terlebih dahulu," pungkas Solikhin. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: