Ternyata Rendang Memiliki Fakta Menarik yang Jarang Diketahui Orang

Ternyata Rendang Memiliki Fakta Menarik yang Jarang Diketahui Orang

Ternyata Rendang Memiliki Fakta Menarik yang Jarang Diketahui Orang-Indah Citra-

BACA JUGA:Serba-Serbi Nasi Pecel, Kuliner Khas Jawa yang Melambangkan Kesederhanaan

Tidak salah juga, karena rendang memiliki waktu memasak yang cukup lama. Rendang sendiri biasanya dimasak sekitar 6 sampai 8 jam.

Hal ini berguna agar daging sapi yang digunakan pada masakan rendang lebih matang. Juga menghindari daging yang alot dan susah untuk dimakan atau ditelan.

3. Rendang Memiliki Makna Filosofi

Rendang memiliki sebuah makna filosofi. Terdapat tiga makna yang terkandung dalam rendang yaitu kesabaran, kebijaksanaan, dan kegigihan.

Saat proses pemasakan rendang sangat dibutuhkan kesabaran karena memakan waktu yang cukup lama. Kegigihan juga dalam mengaduk rendang yang sedang dimasak.

BACA JUGA: Menjelajahi 5 Opsi Kuliner Malam Purwokerto yang Memikat, Wajib Dikunjungi!

BACA JUGA:Sejarah Mie Ongklok, Kuliner Khas Wonosobo Sudah Ada Sejak 1960

Juga kebijaksaan yang berguna untuk mengatur besar atau kecilnya api saat memasak. Lalu ada juga makna filosofi dalam bahan-bahan pembuatan rendang.

Daging sapi pada rendang bermakna Niniak Mamak, Datuak, atau Penghulu. Nama-nama tesebut adalah ketua adat yang memimpin sebuah kaum untuk menuju keharmonisan yang sesuai dengan norma.

Santan pada rendang bermakna cendekiawan yang senantiasa membantu tetua adat dalam memecahkan suatu masalah. Makna lada seperti ulama yang sedang menegakkan islam di masyarakat.

Untuk yang terakhir adalah aneka ragam bumbu yang menandakan sekaligus gambaran kondisi warga Minangkabau yang memiliki banyak sekali suku.

BACA JUGA:Mengenal Jenis Kuliner Jenang dari Jawa, Ternyata Memiliki Arti Masing-masing

BACA JUGA:Buntil Ibu Kasmini, Kuliner Legendaris Purbalingga dari Setengah Abad Lebih

4. Rendang Tidak Selalu Menggunakan Daging Sapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: