Museum Kuno Peninggalan Bersejarah di Kabupaten Banyumas

Museum Kuno Peninggalan Bersejarah di Kabupaten Banyumas

Museum Kuno Peninggalan Bersejarah di Kabupaten [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Adanya peninggalan sejarah di Kabupaten Banyumas tidak terlepas dari masa lalu yang terjadi di daerah ini, beberapa peninggalan yang terdapat di Banyumas banyak juga yang terkait dengan sejarah nasional.

Terdapat 3 museum di Kabupaten Banyumas, museum-museum tersebut merupakan aset berharga yang memiliki manfaat banyak bagi bidang pendidikan, sejarah dan budaya diantaranya yaitu Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman, Museum Bank BRI Purwokerto, dan Museum Wayang Sendhang Mas

1. Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman

Lokasi monumen dan museum ini berada di Jalan Dr. Soeparno Nomor 24, Purwokerto, Jawa Tengah. Monumen dan Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman ini dibangun untuk mengenang jasa-jasa Jenderal Sudirman khususnya di Banyumas dalam usahanya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Museum ini terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama terdapat foto-foto Jenderal Soedirman saat merebut kembali Yogyakarta sebagai ibukota dari Belanda. dan di lantai yang kedua terdapat relief sejarah bangsa Indonesia serta patung Jenderal Soedirman yang duduk di atas kuda.

BACA JUGA:Ketua DPD KNPI Purbalingga : Putusan MK Merupakan Kabar Baik bagi Anak Muda

BACA JUGA:Pilkades Serentak di Banyumas Digelar Senin Besok, Akhir Bulan Sudah Dilantik

2. Museum Bank BRI Purwokerto

Museum ini didirikan pada tanggal 19 Desember 1990 sebagai bukti cikal bakal didirikannya sebuah bank di Indonesia. Lokasinya ada di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 54 Purwokerto.

Beberapa koleksi yang terdapat di museum ini diantaranya yaitu koleksi uang kertas lama, uang logam kuno, Uang kertas asing, Maket Bank Rakyat Indonesia

Uang kertas lama, Celengan berbagai model, Uang logam asing, Uang logam lama, Diorama pasar jaman dulu, Diorama kesenian Tayuban, Mesin pembukuan jaman dahulu, Pesawat Telepon lama, Peti besi Ex. BRI Pacitan Jawa Timur, Baju dan aksesoris Aria Wiriatmaja

Museum BRI memiliki tiga bangunan utama yang semuanya berada di satu area, yaitu museum itu sendiri, patung Raden Aria Wirjaatmadja, dan replika gedung De Poerwokertosche Hulp-en Spaarbank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: