Rencana Pembangunan Jalan Tol di Cilacap Belum Ada Perkembangan

Rencana Pembangunan Jalan Tol di Cilacap Belum Ada Perkembangan

Sejumlah kendaran memasuki gerbang masuk Cilacap di Kecamatan Sampang.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Rencana pembangunan jalan tol yang akan melewati wilayah Kabupaten CILACAP, sampai saat ini belum ada perkembangan yang signifikan. 

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cilacap Sujito. "Informasi terakhir, untuk ruas Getaci (Gedebage-Tasik-Cilacap) baru sampai Tasik. Kemudian yang sudah ada informasi pembahasan trase, untuk trase Cilacap-Jogja," kata Sujito.

Lebih lanjut Sujito mengatakan, sampai saat ini untuk perkembangan pembangunan fisik belum ada informasi dari pusat. Sebelumnya, rencana pembangunan jalan tol dijadwalkan pada tahun 2025.

"Untuk perkembangan fisiknya belum ada informasi dari pusat. Untuk jadwalnya sendiri info yang diterima untuk tol Gedebage-Cilacap dulu, artinya ruas dari Jawa Barat-Cilacap. Kemudian Cilacap-Jogja, baru Pejagan-Cilacap yang ketiga," kata dia.

BACA JUGA:Tol Bandung - Cilacap Akan Mulai dibangun Tahun 2025

BACA JUGA:Pembanguan Mega Proyek Tol Cilacap-Jogja Bakal Lewati Maos, Masih Menunggu Penlok

Sujito mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke masyarakat, kemudian melakukan konsultasi publik. Sedangkan untuk AMDAL (Analisis Dampak Lingkungan)  disusun oleh pemerintah pusat.

"Termasuk usalan rencana exit tol sudah ada. Pembahasan awal di Jawa Barat Kalipucang, kemudian Pemkab Cilacap melalui Gubernur waktu itu usulkan di Patimuan," katanya.

"Usulan rest area daerah Bantarsari, Kampung Laut. Simpang susun di Jeruklegi yang merupakan pertemuan antar tiga ruas jalan tol. Sedangkan usulan exit tol di wilayah timur ada di Sampang," lanjut Sujito. 

Dari usulan tersebut, Sujito berharap, nilai ekonomis dari jalan tol bisa dinikmati masyarakat di Kabupaten Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: