Trotoar di Kawasan Jalan Bung Karno Ditata, DPU Pasang Paving Blok Plastik

Trotoar di Kawasan Jalan Bung Karno Ditata, DPU Pasang Paving Blok Plastik

INOVATIF : Pekerja memasang paving blok plastik yang terbuat dari sampah plastik di trotoar Jalan Bung Karno Purwokerto, Kamis (19/10/2023). Direncanakan seluruh trotoar yang belum selesai di jalan tersebut akan dipasangi paving blok plastik hasil olahan -DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas, melakukan penataan trotoar di kawasan Jalan Bung Karno dengan memasang paving blok plastik. Dianggarkan Rp 1,8 miliar, pemasangan paving blok plastik dilakukan di sisi Timur jalan.

"Tahun ini kami selesaikan sisi Timur sampai ujung Selatan. Kemarin hitung-hitungan kami perlu sekitar 250 ribu pcs paving blok plastik," kata Kabid Tata Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Imam Wibowo.

Imam Wibowo menuturkan, paving blok plastik sendiri mempunyai karakteristik tersendiri yang sesuai untuk di pasang di Jalan Bung Karno. Selain, itu penggunaan paving blok plastik menjadi salah satu nilai tambah tersendiri bagi upaya pengelolaan sampah plastik di Kabupaten Banyumas.  

"Paving blok plastik pengganti lapis penutup atas. Kita asumsikan sebagai ubin atau keramik, kami melihat disana sudah posisi trotoar sudah di cor karena ada u-ditch. Sebagai bentuk sentuhan akhir," ujarnya.

BACA JUGA:Jadi Primadona, DLH Bakal Tambah Spot Tabebuya di Jalan Bung Karno Purwokerto

BACA JUGA:Asyik, Bakal Ada Hotel Berbintang di Kawasan Jalan Bung Karno Purwokerto

Pemasangan paving blok plastik di sisi Timur sendiri ditargetkan rampung sampai akhir tahun ini. Untuk sisi Barat, pihaknya belum bisa memastikan apakah sisi Barat Jalan Bung Karno akan dipasang paving blok plastik juga.

"Kalau sisi Barat perlu berdiskusi lagi dan kami laporkan," terangnya.

Lanjut, untuk pemasangan paving blok plastik ia katakan, baru dipasang di Jalan Bung Karno. Tidak menutup kemungkinan ia jelaskan, pemasangan paving blok plastik akan diterapkan di jalan-jalan lainnya di Kota Purwokerto.

"Kalau di Purwokerto baru di Jalan Bung Karno. Mencoba menata kawasan ini sejak dini, jadi lebih mudah untuk ditata karena jalan baru," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: