Lahan Kosong Milik Perumahan Taman Gading Cluster Cilacap Terbakar Akibat Puntung Rokok

Lahan Kosong Milik Perumahan Taman Gading Cluster Cilacap Terbakar Akibat Puntung Rokok

Petugas Damkar Cilacap melakukan pendinginan lahan setelah api berhasil dipadamkan, Rabu (18/10/2023).-UPT Damkar Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebuah lahan kosong milik developer perumahan Taman Gading Cluster yang terletak di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan CILACAP Selatan, Kabupaten CILACAP, terbakar akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan pada Rabu (18/10/2023) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kobaran api pertama kali diketahui oleh penjaga keamanan perumahan, kemudian dilaporkan ke pihak developer. Selanjutnya diteruskan ke pos Damkar wilayah kota Cilacap.

"Dari keterangan saksi, api pertama kali membakar rumput ilalang kering dari sisi sebelah timur. Kemudian dengan cepat meluas karena tiuapan angin kencang," kata Kepala Pos Damkar Cilacap Supriyadi, Kamis (19/10/2023).

Karena lahan yang terbakar cukup luas yaitu hampir mencapai 3 hektare, Damkar Cilacap mendapatkan bantuan armada pemadam kebakaran dari perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah kota Cilacap.

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

BACA JUGA:Lahan Tebu di Kampung Laut, Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

"Lokasi kebakaran dekat dengan pemukiman karena lokasi masih di kota, sehingga kita mendapatkan armada bantuan dari PT SBI, PLTU serta dari PT Juifa. Sekitar pukul 16.00, api berhasil dipadamkan," lanjut Supriyadi.

Selanjutnya, sebagai prosedur tetap disosialiasasikan aplikasi Satkartaru SIAP beserta cara penggunaannya kemudian membagikan nomor pos Damkar kepada masyarakat.

"Selain itu, kita berikan imbauan kepada masyarkat agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok secara sembarangan. Kemudian kita minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim kemarau panjang," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: