Masih Terdampak Kereta Anjlok, Empat KA Alami Keterlambatan Satu Dibatalkan

Masih Terdampak Kereta Anjlok, Empat KA Alami Keterlambatan Satu Dibatalkan

Suasana stasiun Purwokerto terimbas anjloknya KA Argo Semeru, Selasa (17/10).-Mahdi sulistyadi/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jalur antara stasiun Sentolo - stasiun Wates yang sebelumnya tak dapat dilalui KA, kini sudah dapat dilalui. Rabu (18/10) sekitar pukul 11.35, KA Argo Lawu menjadi KA yang pertama kali lewat. 

Dampak dari itu, sejumlah KA dari dan menuju wilayah Daop 5 Purwokerto harus dialihkan memutar. Bahkan ada jadwal perjalanan dibatalkan hingga Rabu (18/10).

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan, dampak adanya insiden tersebut sampai Rabu (18/10), masih ada empat KA yang terlambat.

Empat KA tersebut yaitu KA 212 Logawa relasi Purwokerto-Jember terlambat 165 menit, serta KA 18 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir terlambat 13 menit.

BACA JUGA:Dua Kereta Kecelakaan di Jogjakarta, Berikut Sejumlah Kereta di Daop 5 Purwokerto yang Terdampak

BACA JUGA:KA Argo Semeru Anjlok, Dua KA Daop 5 Purwokerto Harus Memutar

Kemudian, KA 116 Ranggajati relasi Cirebon-Jember terlambat 100 menit, dan KA 88 Fajar Utama Solo terlambat 30 menit. 

"Serta terdapat juga perjalanan KA yang dibatalkan yakni KA 172 Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta," ujar dia. 

Feni menjelaskan, penumpang mendapat kompensasi karena keterlambatan kereta. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019. 

Keterlambatan keberangkatan kereta api lebih dari 1 jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. 

BACA JUGA:Halaman Ruko di Jalan Ahmad Yani Purbalingga Dipagar PT KAI Daop 5 Purwokerto

BACA JUGA:Harga Lebih Murah! Begini Cara Memesan Tiket Kereta Go Show

"Jika tidak membatalkan tiket, maka diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari 1 jam. Diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari 3 jam," ujar dia.

Kemudian, apabila kereta api antarkota terlambat datang di stasiun tujuan, maka penumpang mendapatkan makanan dan minuman ringan pada jam ketiga keterlambatan. Makanan dan minuman berat pada jam kelima keterlambatan. Penumpang dapat memilih melanjutkan perjalanan atau beralih ke transportasi lain dan mendapat penggantian uang tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: