Telan Rp 1,9 Miliar Lebih, Camat Banyumas: Tarif Sewa Gedung Kesenian dan Olahraga Kedunggede Dibuat Perdes

Telan Rp 1,9 Miliar Lebih, Camat Banyumas: Tarif Sewa Gedung Kesenian dan Olahraga Kedunggede Dibuat Perdes

Gedung Kesenian dan Olahraga Desa Kedunggede yang pembangunannya menelan biaya lebih dari Rp 1, 9 miliar. Tarif sewa gedung supaya dibuat peraturan desa, Rabu (18/10).-FIJRI RAHMAWATI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pembangunan Gedung Kesenian dan Olahraga Desa Kedunggede Kecamatan BANYUMAS menelan biaya fantastis. Anggaran hingga lebih dari Rp 1,9 miliar.

"Pembangunan gedung kesenian dan olahraga untuk menambah pendapatan asli desa (PAD)," jelas Kepala Desa Kedunggede Sabarudin, Rabu (18/10/2023).

PAD diperoleh dari jasa sewa gedung. Pemerintah Desa Kedunggede sedang koordinasi dengan pendamping desa untuk pembahasan tarif sewa.

Sabarudin menyampaikan menghindari besaran tarif sewa gedung yang dapat mengakibatkan kapok. Misalnya karena tarif terbilang mahal.

BACA JUGA:50 Persen Tempat Hiburan Malam di Purwokerto Belum Memiliki Ijin Penjualan Minuman Beralkohol

Sementara itu, Camat Banyumas Oka Yudhistira mengatakan Desa Kedunggede diharapkan menjadi lebih produktif dengan adanya gedung kesenian dan olahraga.

"Angka pembangunan gedung hampir dua miliar. Antara 10 sampai 15 tahun lagi, bisa kembali," pesan Oka.

Lebih lanjut, Oka menegaskan terkait dengan sewa gedung. Pemerintah Desa Kedunggede harus menyusun peraturan desa (perdes) tentang tarif sewa gedung.

Peraturan desa memuat secara rinci mengenai besaran tarif sewa gedung. Misalnya, komersil dan non komersil.

BACA JUGA:Event Dieng Run Lari Atas Awan, Berikan Sensasi Lari di Dataran Tinggi

"Tarif sewa gedung jangan awangan. Harus tertib, ada di atas kertas, ada perdes. Sehingga, nanti tidak terjadi temuan," jelas Oka.

Kapolsek Banyumas AKP Sudiyono menambahkan Pemerintah Desa Kedunggede agar memperhatikan potensi gangguan keamanan dan ketertiban dengan adanya gedung kesenian dan olahraga yang disewakan. Sebab, kegiatan mendatangkan orang banyak.

"Setiap kemajuan disertai langkah antisipasi," tandas Kapolsek.

BACA JUGA:Pasar Kroya, Cilacap Akan Dibangun Ulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: