Penilaian Adipura di Banyumas Dilaksanakan Bulan Ini

Penilaian Adipura di Banyumas Dilaksanakan Bulan Ini

PENILAIAN ADIPURA : Menjaga kebersihan bersama, Petugas UPKP dibantu personel pelatihan SISPAMKOTA membersihkan sampah yang ada di jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto (25/9/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penilaian adipura, akan dilaksanakan pada bulan ini. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, membentuk tim khusus untuk memaksimalkan setiap titik pantau penilaian adipura di tahun ini.

" Itu informasi terakhir yang bisa kami akses, cuma tinggalnya kapan belum ada keterangan. Beberapa daerah di Jawa Tengah sudah ada yang penilaian," kata Ketua Tim adipura DLH Kabupaten Banyumas Purwono.

Purwono menuturkan, adanya tim khusus bertujuan untuk memastikan setiap titik pantau penilaian adipura bisa sesuai dengan perencanaan.

"Kalau ada yang kurang optimal tim khusus ini akan langsung turun untuk melakukan perbaikan," tuturnya.

BACA JUGA:Dua Pasar di Purwokerto Jadi Titik Lokasi Penilaian Adipura Tahun Ini

BACA JUGA:Targetkan Adipura Ke-7, DLH Banyumas Libatkan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Kabupaten Banyumas sendiri ia jelaskan, berada satu klaster penilaian dengan Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Cilacap.

"Kalau berdasarkan ketentuan. Ada sekitar 12 titik pantau. Ada pemukiman, sekolah SD - SMA, perkantoran pemerintah, pertokoan, jalan, bank sampah, TPST, TPA, stasiun, terminal, taman kota, hutan kota, sungai, dan perairan terbuka," terangnya.

Penilaian adipura tahun ini baginya yang menjadi  tantangan, adalah bagaimana melibatkan peran serta masyarakat agar aktif dalam pengelolaan sampah berkelanjutan.

"PR berat kita keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah harus kita tingkatkan lagi. Jadi harus mulai berpikir sampai jika tidak diolah akan mencemari lingkungan," tuturnya.

BACA JUGA:39 Lokasi Jadi Penilaian Adipura di Banyumas

BACA JUGA:Kebersihan Pasar Manis Purwokerto Terkait Penilaian Adipura

Lanjut, penilaian adipura sendiri sempat tidak diadakan selama pandemi. Tahun ini Kabupaten Banyumas, membidik adipura yang ketujuh kalinya.

"Tujuannya bagaimana kita bisa menjadikan Kota Purwokerto sebagai kota berkelanjutan," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: