Targetkan Adipura Ke-7, DLH Banyumas Libatkan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Targetkan Adipura Ke-7, DLH Banyumas Libatkan Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Kepadatan lalu lintas di Bundaran Tugu Adipura di Simpang Lima Berkoh Purwokerto, Jumat, 1 September 2023.-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, tahun ini menargetkan bisa meraih penghargaan Adipura ke-7. Salah satu sektor yang akan didorong dalam penilaian Adipura, adalah keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

"Ada kekurangan, keterlibatan masyarakat untuk bank sampah, itu akan kita perbaiki. Saat ini masih pasrah dengan KSM," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas, Junaidi.

Penilaian adipura sendiri ia sampaikan, sifatnya rahasia. Pun dengan waktu penilaian pihaknya tidak bisa memastikan akan dilakukan kapan.

"Kami tidak persiapan, karena ini concern perilaku manusia. Paling kita nanti kerja bakti," ucapnya.

BACA JUGA:DLH Banyumas Tambah Intensitas Penyiraman Rumput Alun-alun Purwokerto

BACA JUGA:Raih Dua Adipura, Pemkab Banyumas Syukuran Bersama Pasukan Oranye

Lanjut, ia menuturkan, untuk penilaian adipura sebelumnya tidak diselenggarakan di tahun 2019, 2020, dan 2021 karena pandemi. Tahun ini, pihaknya mentargetkan bisa memperoleh gelar adipura kencana.

"Syukur kita bisa dapat adipura kencana, itu melebihi passing grade adipura, lebih dari 80 itu dapat adipura kencana," ujarnya.

Titik penilaian adipura sendiri ia sebut, nantinya meliputi jalan, sekolah, pasar, kawasan perumahan, kantor, dan juga tempat pengelolaan sampah terpadu.

"Tidak perlu dipoles sana-sini. Dari tahun kemarin apa adanya," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: