LPPM UIN Saizu Purwokerto Adakan Workshop Digital Marketing

LPPM UIN Saizu Purwokerto Adakan Workshop Digital Marketing

Pengabdi UIN Saizu Purwokerto mengadakan kegiatan Workshop Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kaliputih, Kecamatan Purwojati Melalui Branding Marketing Produk Jahe Jempol di Desa Kaliputih, Purwojati, Minggu (08/10/2023).-Humas UIN Saizu Purwokerto untuk Radarmas -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pengabdi LPPM Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto mengadakan kegiatan Workshop Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kaliputih, Kecamatan Purwojati Melalui Branding Marketing Produk Jahe Jempol di Desa Kaliputih, Purwojati, Minggu (08/10/2023).

Kegiatan ini diadakan melalui Program Pengabdian Dosen yang diintegrasikan dengan program KKN Tematik Mahasiswa UIN Saizu Purwokerto. Kegiatan ini dilaksanankan di Balai Desa Kaliputih, Kecamatan Purwojati, Kabupaten Bayumas. Peserta kegiatan ini adalah Warga Desa Kaliputih yang merupakan pegiat UMKM Khususnya UMKM Jahe Jempol. Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Agung Rochmatulloh, S.Pd. dan Tietha Ernawati Suwarto, S.P., M.B.A. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua LPPM UIN Saizu Purwokerto, Prof. Dr. H. Ansori, M.Ag.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Pengabdi, Muh. Jefriyanto Budikafa, M.Pharm.Sci menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Desa Kaliputih khususnya UMKM Jahe Jempol terkait Branding dan Digital Marketing, karena produk Jahe Jempol ini merupakan produk yang secara administrasi sudah memenuhi syarat yaitu sudah memiliki izin P-IRT dan Sertifikat Halal. Akan tetapi yang menjadi permasalahannya adalah kendala di sisi pemasaran yang saat ini masih dilakukan door to door dan dipesan pada saat ada kegiatan di Desa padahal saat ini sudah sangat banyak media digital yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk membantu pemasaran dari produk.

Sejalan dengan hal tersebut, Dalam Sambutan Ketua LPPM UIN Saizu Purwokerto, Prof. Dr. H. Ansori, M.Ag. menyatakan bahwa kegiatan pengabdian dosen ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh LPPM UIN Saizu dalam rangka memberikan fasilitasi kepada Dosen untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat. dalam kesempatan tersebut Prof. Ansori juga menyampaikan beberapa poin terkait pentingnya branding dan sosial marketing yang di istilahkan dengan “Go-Online” sebagai sebuah strategi baru yang bisa mendongkrak nama dan penjualan berbagai produk yang dimiliki UMKM desa Kaliputih. Beliau berharap kegiatan workshop ini menjadi titik awal sebelum melesatnya UMKM-UMKM di Desa Kaliputih pada kancah nasional dan internasional.

Narasumber pertama, Agung Rochmatulloh, S.Pd. dalam materinya mengenai Branding UMKM, menyampaikan dalam melakukan branding ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain perlunya keselarasan visi dan misi UMKM Jahe Jempol dengan brand yang mewakili produk, menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam membesarkan nama produk melalui media online dan offline. Beliau juga menceritakan pengalamannya dalam mengembangkan dan mendampingi UMKM yang saat ini sudah mulai berkembang dengan signiftikan.

Narasumber Kedua, Tietha Ernawati Suwarto, S.P., M.B.A. dengan materi Pemanfaatan Digital Marketing Untuk UMKM, menyampaikan tips dan strategi apa saja yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Digital Marketing, hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, serta kelebihan yang dimiliki ketika melakukan pemasaran melalui Digital Marketing, beliau juga menyampaikan bahwa media sosial memberikan peran yang sangat signifikan terhadap efisiensi biaya pengiklanan merekomendasikan media online sebagai sarana pemasaran dalam jangka pendek dan jangka panjang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: