Tips Membentuk Otot dan Badan Ideal

Tips Membentuk Otot dan Badan Ideal

Tips untuk membangun otot kamu dan membentuk badan ideal-astronauts.id-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kamu yang ingin hidup sehat dan memiliki badan ideal, juga memiliki otot-otot di tubuh kalian, harus rajin melakukan latihan angkat beban.

Sebelum melakukannya untuk membentuk tubuh, ikuti tips idi bawah ini, agar kamu mendapatkan tubuh yang ideal. Ini dia tips untuk membangun otot dan membentuk badan ideal.

Tips Membentuk Otot dan Badan Ideal

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk membentuk otot dan badan ideal :

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

BACA JUGA:Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

 

 

1. Lakukan Gerakan Latihan Gabungan

Melakukan lebih banyak gerakan dalam angkat beban, maka artinya lebih banyak bagian tubuh yang di latih.  Melakukan latihan gabungan dalam olahrga mengangkat beban ada 3, yaitu Push day, Pull day, dan leg day, Push day melatih otot yang terdiri dari otot dada, tricep, dan bahu.

Lalu pull day melatih otot yang terdiri dari otot Punggung, bicep, traps, dan otot arm. Lalu leg day melatih otot terdiri dari otot paha, betis, dan pungung bagian bawah.

Akan tetapi setiap latihan gerakan itu jangan dilatih bersamaan dan di hari yang sama. Misalnya hari senin latihan push day, selasa pull day, dan leg day. Hindari juga melatih otot besar seperti dada, punggung, dan paha, karena otot besar tersebut lebih membutuhkan power yang lebih ketika kalian latihan.

BACA JUGA:Inilah Rahasia Menaikkan Massa Otot dalam Waktu 1 Minggu

BACA JUGA:Suntik Minyak Demi Tubuh Berotot

Ketika kamu melatih otot besar tersebut dengan bersamaan, maka akan cepat capek, dan latihan tidak optimal. 

2. Konsumsi Lebih Banyak Protein

Membentuk otot lebih optimla tidak hanya sekedar melatihnya saja di gym, akan tetapi kamu juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi kalian. Tanpa memenuhi kebutuhan nutrisi, latihan untuk membangun otot akan sia-sia.

Maka dari itu, penuhi kebutuhan nutrisi kamu setelah latihan, terutama kebutuhan protein. Protein adalah sumber nutrisi utama yang berkontribusi membangun otot.

BACA JUGA:Wow, Turnamen Catur dengan Bidak Jumbo di Banjarnegara, Tak Hanya Otak, Otot Pun Bekerja

BACA JUGA:Sulit Turunkan Berat Badan Meski Sudah Coba Diet? Coba Cara Ini dan Dapatkan Berat Badan Idealmu

Otot membutuhkan protein untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan masa otot. Protein bisa kamu jumpai di berbagai makanan seperti dada ayam, tempe, tahu, ikan-ikanan, protein nabati, dan lain-lain.

3. Jangan Asal Mengangkat Beban Berat

Untuk kamu yang peluma, jangan asal mengangkat beban berat. Karena ketika kamu asal memilih beban tanpa tapi belum kuat untuk mengangkatnya, akan mengakibatkan cidera.

Angkat beban yang ringan dulu saja, yang penting gerakan latihan kalian benar, dan rasakan otot kamu saat melakukan gerakan angkat beban. Umumnya, angkat beban dilakukan dalam 12 repitisi dalam 3 set. Lakukan gerakan yang benar, dan jangan asal mengangkat beban yang berat, agar kalian membangun otot lebih optimal.

BACA JUGA:Tips Mengecilkan Perut Buncit Pria, Bisa Tanpa Olahraga Berat!

BACA JUGA:Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

4. Angkat berat sesuai kemampuan

Seperti tips yang di atas, jangan angkat beban yang berat ketika kalian masih pemula, ketahuilah batas kemampuan kamu dalam mengangkat beban.

Angkatlah beban yang sesuai dengan kemampuanmu, untuk menghindari cidera-cidera yang berisiko. Dalam bahasa gym yaitu jangan Ego Lifting. Bertahap saja dulu, mulai dari yang ringan.

Setelah kamu melakukan gerakan dengan benar, baru kamu bisa menambah beban sedikit demi sedikit, karena semua butuh proses.

5. Tidur yang cukup

Untuk membangun otot lebih optimal lagi, setelah kalian melatih otot, dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup, istirahat juga sangat penting untuk membangun massa otot, karena pada saat melatih otot, otot itu dirusak dengan sekala mikroskopis, setelah otot dirusak, otot perlu memulihkan diri dengan cara istirahat, yaitu dengan cara tidur yang cukup, tidur yang cukup adalah minimal 7 jam. Jangan terlalu banyak juga kegiatan di malam hari, itu akan menghambat pertumbuhan otot kalian. Jadi gunakan malam hari untuk beristirahat dengan cara tidur yang cukup.

6. Sediakan waktu untuk pemulihan

Melatih otot setiap hari pun tidak baik, untuk lebih optimal, sediakan waktu pemulihan. Bagaimana cara menyediakan waktu untuk pemulihan otot? Atur jadwal latihan kalian setidaknya minimal 3 kali dalam seminggu dan minimal latihan 30 menit. Maksimal sekali adalah 5 kali dalam seminggu. (raf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: