Dorong Pengelolaan Sampah Berwawasan, Hanggar Ajibarang Kulon Dikelola KSM

Dorong Pengelolaan Sampah Berwawasan, Hanggar Ajibarang Kulon Dikelola KSM

Bertekad mandiri dalam pengelolaan sampah, hanggar sampah Ajibarang Kulon dikelola KSM.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS,RADARBANYUMAS.CO.ID - Dengan terus menumpuknya sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ajibarang Desa Tipar Kidul, pengelolaan hanggar Ajibarang Kulon dipercayakan pada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) untuk kemandirian.

Kasi Pelayanan Desa Ajibarang Kulon, Sugiono mengatakan, KSM di desanya diberi nama Jibaku Bersih. Dengan motto dari masyarakat untuk masyarakat, KSM mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah berwawasan.

"Untuk sosialiasi pemilahan sampah rumah tangga oleh KSM Jibaku Bersih sudah kami laksanakan 16 Agustus lalu," katanya, Kamis (7/9).

BACA JUGA:Desa Pancasan Dapat Bantuan Pengecoran, Jalan Usaha Tani Diukur Ulang

Sugiono menjelaskan, pemanfaatan sampah organik yang nantinya dikelola oleh KSM Jibaku Sehat dapat berupa menjadi pupuk organik cair, kompos, makanan kambing, makanan unggas, holtokutura, makanan ikan sampai bididaya cacing dan maggot.

"Dari desa mencoba memanfaatkan sampah sebagai sumber daya," terang dia.

Dengan lebih dari satu unit armada roda tiga pengangkut sampah yang dibeli dalam keadaan baru, pihaknya optimis lebih banyak sampah yang dapat diangkut ke hanggar sendiri untuk dikelola.

"Dampaknya fungsi lingkungan hidup dan kesehatan masyarakat lebih terjaga," pungkas Sugiono. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: