Masyarakat Adat Adiraja, Cilacap, Adakan Tradisi Mulud

Masyarakat Adat Adiraja, Cilacap, Adakan Tradisi Mulud

Pj Bupati Cilacap menghadiri acara tradisi Mulud di Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. -Pemkab Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat adat Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten CILACAP, dan Anak Putu Pekuncen Kedungwringin, Jatilawang Banyumas melaksanakan tradisi perayaan mulud. 

Tradisi yang dilakukan setiap tahunnya oleh anak putu Bonokeling ini, selama tiga hari, sejak Kamis (5/10/2023) sampai Sabtu (7/10/2023).

Candra Jaya, Bedogol Adat Adiraja mengatakan, di hari pertama, anak putu dari Pekuncen Jatilawang datang ke Adiraja membawa ubo rampe yang berisi makan. 

"Anak putu dari Jatilawang datang kesini untuk bekten atau ziarah. Dilaksanakan pada hari kedua, di Depok Kendran. Kemudian kita melaksanakan selamatan dan doa bersama di Pasemuan Adiraja," kata dia.

BACA JUGA:Lestarikan Tradisi, Warga Mujur Lor Panen Padi Gunakan Ani-Ani

BACA JUGA:Masyarakat di Cilacap Barat Gelar Adat Tradisi Sidekah Ketupat

Kemudian, pada hari ke tiga Sabtu, anak putu yang dari Jatilawang kembali ke tempat mereka. Tradisi tersebut sudah dilaksanakan sejak ribuan tahun lalu. 

Sementara itu Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar saat menghadiri tradisi maulid mengatakan, pihaknya akan terus mendukung adat istiadat dan budaya yang ada di Kabupaten Cilacap.

"Kegiatan ini merupakan bentuk pelestarian budaya yang ada di Kabupaten Cilacap. Kami akan terus mendukung untuk melestarikan budaya yang ada," katanya.

Menurutnya Pj Bupati Cilacap, tradisi tersebut merupakan bentuk dari kerukunan umat beragama yang ada di Adiraja. Bahkan upacara tersebut juga melibatkan umat lain.  

"Toleransi dan keunikan tampak terpotret di pondok-pondok dari masing-masing bedogol. Semua bahu membahu menyajikan sajian untuk dinikmati bersama," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: