Cara Menghitung Biaya Kredit Mobil Pilihan Sesuai Budget, Penting Diketahui!

Cara Menghitung Biaya Kredit Mobil Pilihan Sesuai Budget, Penting Diketahui!

Ilustrasi Menghitung Pembiayaan Modal Usaha--

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Jika kamu sedang membutuhkan mobil karena ada kebutuhan yang mendesak, bisa dipertimbangkan untuk membelinya dengan sistem kredit, tentunya dengan menghitung biaya kredit mobil

Pastikan kamu memiliki pemahaman sejak awal tentang perhitungan kredit mobil, Ini memungkinkan kamu untuk merencanakan persiapan dana dengan baik sebelum membeli mobil.

Sebagai langkah awal, perhitungkan dengan teliti uang muka atau DP yang diperlukan serta jumlah cicilan bulanan yang harus disiapkan.

 

Berikut ini Cara menghitung kredit mobil yang benar!

Saat memperkirakan kredit mobil, baik untuk mobil baru atau bekas, terdapat sejumlah faktor yang perlu diperhitungkan. Dalam konteks pembiayaan mobil, ada beberapa kategori biaya yang wajib dipertimbangkan, yaitu:

 

BACA JUGA:Berikut Tips dan Tata Cara Agar Pengajuan Kredit Mobil Mudah Diterima

BACA JUGA:Ternyata Kredit Mobil Toyota Tidak Mahal, Ini Mobil Toyota yang Bisa Jadi Pilihan

 

1.Hitung Harga Mobil 

Terdapat dua klasifikasi harga mobil, yaitu harga mobil On The Road dan Harga Off the Road, Harga OTR adalah harga beli mobil yang sudah ditambah semua pajak kendaraan dan berbagai dokumen (STNK dan BPKB).

Sedangkan, harga off the road merupakan harga beli yang belum termasuk dokumen, Jadi kamu nantinya harus mengeluarkan biaya lagi untuk dokumen Stnk dan Bpkb dan mengurus semua pajak kendaraan.

Direkomendasikan jika kamu ingin membeli kredit sebuah mobil pilihlah mobil yang sudah harga On The Road.

Hal ini penting, karena jika kamu memaksakan untuk mengambil mobil tanpa dokumen Stnk dan Bpkb akan membengkakan pengeluaran.

 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Leasing Kredit Mobil Tanpa BI Checking 2023, Dijamin Cepat dan Terpercaya!

BACA JUGA:Kredit Mobil Ditolak? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Pertama untuk membayar angsuran kredit mobil nanti, kedua di awal kamu harus mengeluarkan juga biaya untuk mengurus dokumen mobil agar bisa dipakai.

 

2.Besaran Uang DP 

Pembayaran awal atau uang muka, juga dikenal dengan istilah down payment (DP), merupakan sejumlah dana yang perlu dikeluarkan sebagai komitmen tanda jadi pembelian kendaraan.

Instansi keuangan seperti bank atau perusahaan penyedia layanan kredit mobil pada umumnya mengharuskan pembayaran uang muka sekitar 25-30% dari total harga mobil sebagai persyaratan.

Tapi kamu juga bisa membayar Dp diatas presentasi tadi, jika kamu memang memiliki uang lebih besar disarankan untuk membayar Dp lebih dari presentasi tersebut.

 

BACA JUGA:Syarat Penting yang Harus Disiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

BACA JUGA:Kredit Mobil Syariah: Cicilan Tetap, Tanpa Bunga, dan Sumber Dana Halal

 

Agar nantinya kamu tidak terlalu berat untuk membayarkan angsuran perbulan kredit mobil tersebut.

 

3.Memilih Suku Bunga 

Periksa tingkat suku bunga yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan kreditk atau lembaga keuangan yang kamu pilih.

Setiap bank atau penyedia leasing umumnya memiliki kebijakan yang berbeda terkait tingkat bunga yang akan diterapkan.

Karena perhitungan angsuran kredit mobil akan terpengaruh oleh tingkat suku bunga yang berlaku.

 

BACA JUGA:Bunga Kredit Mobil di Bank BRI, Sangat Rendah!

BACA JUGA:Perhatikan Hal-Hal Penting dalam Pengajuan Kredit Mobil Baru di Pegadaian

 

Selain itu, jika kamu memutuskan untuk memilih jangka waktu cicilan yang lebih lama, maka perhitungan kredit mobil dan persentase bunga pertahun juga akan meningkat.

 

4.Hitung Pokok Kredit 

Secara sederhana, pokok kredit mobil adalah jumlah uang yang masih harus dibayarkan tanpa mempertimbangkan bunga cicilan. Perhitungan pokok kredit dilakukan dengan mengurangi uang muka (DP) dari harga mobil.

 

5.Menentukan Tenor Angsuran 

Penting diperhatika dalam Menghitung kredit mobil Tenor atau durasi kredit merupakan periode atau lamanya pinjaman yang diukur dalam satuan bulan atau tahun.

Semakin lama durasi kredit, angsuran bulanan cenderung lebih riingan, meskipun pada akhirnya total pengeluaran yang kamu keluarkan dari awal hingga pelunasan akan lebih mahal.

 

BACA JUGA:Kredit Mobil Baru atau Beli Mobil Bekas Tunai, Mana yang Lebih Menguntungkan?

BACA JUGA:Ini Keuntungan Jika Kamu Kredit Mobil Melalui Bank Mandiri!

 

6.Menghitung Jumlah Cicilan

 

Hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya dapat menghitung biaya kredit mobil dengan menambahkan jumlah pokok kredit dengan tingkat bunga, kemudian membaginya dengan durasi atau jangka waktu kredit. 

Sebagai Contoh, apabila harga mobil Rp300 juta, DP sebesar Rp70 juta, pokok kredit Rp 230 juta, dan tarif bunga Rp15 juta, maka cara menghitung kredit mobilnya:

(Rp230 juta + Rp15 juta) : 4 tahun (48 bulan) = Rp 5,1 juta (per bulan). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: