Menikmati Alun-Alun Purwokerto, Wisata yang Penuh Sejarah di Tengah Kota Satria

Menikmati Alun-Alun Purwokerto, Wisata yang Penuh Sejarah di Tengah Kota Satria

Alun-Alun Purwokerto, Wisata yang Penuh Sejarah di Kota Satria-Radar Banyumas -

RADARBANYUMAS.CO.ID - Alun-Alun Purwokerto mungkin terdengar seperti nama tempat biasa bagi beberapa orang, namun bagi mereka yang pernah menginjakkan kaki di sini, tempat ini adalah jantung kota yang memiliki sejarah yang mendalam. 

Terletak di pusat kota Purwokerto, alun-alun ini telah menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai pesona yang dimiliki oleh Alun-Alun Purwokerto.

Alun-Alun Purwokerto

Alun-Alun Purwokerto adalah lapangan terbuka yang luas dan nyaman yang terletak tepat di tengah kota. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai kuliner khas daerah, alun-alun ini menawarkan atmosfer yang tenang dan menyenangkan bagi pengunjungnya. 

Alun-alun ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Purwokerto utara, Banyumas. Alun-alun ini mudah diakses dari berbagai tempat di kota dan menjadi pusat kegiatan sosial dan budaya.

BACA JUGA:Menjelajahi Curug Jenggala Ketenger Baturraden, Destinasi Wisata Alam yang Wajib Anda Kunjungi di Banyumas

BACA JUGA:Kali Pagak, Objek Wisata Baru di Desa Pancasan, Ajibarang, Banyumas

Sejarah Singkat Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto ini dibangun pada abad 19 akan tetapi terdapat literatur yang menyebutkan bahwa alun-alun sudah ada sejak zaman kerajaan Hindu-Budha.

Sejarah alun-alun Purwokerto terbagi menjadi beberapa fase yaitu fase Kerajaan, Fase Kolonial hingga fase pemerintahan. Pada awalnya alun-alun hanya berfungsi sebagai tempat pusat administrasi untuk memenuhi panggilan, mendengarkan pengumuman dan tempat unjuk kekuatan para prajurit di era kerajaan Hindu-Budha.

Akan tetapi setelah masuknya para kolonial, tata letak bangunan di alun-alun berubah dengan adanya penambahan bangunan seperti kantor Bupati, Pendopo, masjid agung, Pengadilan dan lainya.

Berbeda cerita ketika sudah memasuki fase pemerintahan pasca kemerdekaan, sejarah alun-alun kini mulai luntur akan historis dan filosofis, yang mana banyak bangunan-bangunan modern di sekeliling alun-alun.

BACA JUGA:Wisata Keluarga Menggala Ranch Banyumas, Bermain Sekaligus Belajar di Alam Terbuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: