Mengulik Petilasan Gunung Srandil di Cilacap

Mengulik Petilasan Gunung Srandil di Cilacap

Gunung Srandil Cilacap -Capital Internet -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di Cilacap ada satu gunung yang dipercaya memiliki daya magis dan telah dipercaya menjadi tempat pijakan pertama atau jalan utama yang dilalui untuk menapaki kayangan. Gunung tersebut merupakan Gunung Srandil yang merupakan bukit karang di pesisir laut selatan, yaitu di Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. 

Ada berbagai macam cerita mistis dan takhayul yang menyertai Gunung Srandil ini. Dulunya, gunung ini dikatan sebagai petilasan atau kuburan Kakek Semar serta penguasa alam gaib. Selain itu, gunung ini juga berfungsi sebagai padepokan tempat mereka tinggal dan bersemayam. 

Cerita tentang Kakek Semar serta pangreh gaib tersebut sudah di kalangan masyarakat Jawa. Kakek Semar tersebut terkenal dengan petuahnya mengenai berbagai pedoman dalam menjalani kehidupan. Salah satu pedoman yang dikatakannya yaitu "Ojo dumeh, eling dan waspada" yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu "Jangan sombong, selalu ingat dan waspada". 

Nama Srandil pada gunung tersebut dipercaya berasal dari kata suro dan adil, yang bermakna adil dan teguh dalam menjalankan kehidupan. Jika dilihat secara filosofis, Gunung Srandil ini mempunyai filosofi sangat sangat bagus dalam budaya Jawa. 

BACA JUGA:Cerita Mistis dan Mitos di Balik Keindahan Telaga Sunyi Baturraden, Bikin Merinding!

BACA JUGA:5 Mitos di Kebumen yang Masih Diyakini Sampai Sekarang

Selain dijadikan sebagai tempat ziarah dan beberapa ritual keagamaan, gunung ini juga dijadikan sebagai tempat wisata karena keindahan panorama yang disajikan. Ada banyak sekali petilasan di Gunung Srandil ini. Jika diurutkan searah dengan arah jarum jam, maka petilasan di gunung tersebut terdiri dari. 

1. Petilasan Syekh Jambu Karang 

Syekh Jambu Karang memiliki nama lain Dampo Awang atau Sam Poo Kong. Beberapa juga menyebutnya sebagai Eyang Jambu karena ada pohon jambu yang tumbuh besar di samping petilasan tersebut. Hingga saat ini belum ada yang mengetahui sejak kapan pohon tersebut tumbuh di samping petilasan itu. 

2. Petilasan Gusti Agung Heru Cokro Prabu

Petilasan Gusti Agung Heru Cokro Prabu atau nama lainnya Syekh Baribin ini sering dijadikan sebagai tempat untuk meditasi mencari wangsit maupun petuah dan semacamnya. Petilasan tersebut diyakin merupakan tempat untuk berkumpul para penghuni dari dunia gaib di bumi nusantara. 

3. Petilasan Eyang Sukma Sejati 

Petilasan Eyang Sukma Sejati ini terletak di pinggir gunung, nyaris berada di luar gunung. Sekitar 50 meter di sebelah kiri Gunung Srandil terdapat pintu keluar yang mengarah pada jalan setapak pada petilasan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: