Desa Wisata Jetis Nusawungu dan Desa Wisata Gentasari Kroya Bakal Dikembangkan Jadi Andalan Cilacap

Desa Wisata Jetis Nusawungu dan Desa Wisata Gentasari Kroya Bakal Dikembangkan Jadi Andalan Cilacap

Gerbang selamat datang Desa Wisata Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dua desa wisata di Kabupaten CILACAP bakal dikembangkan menjadi andalan di Kabupaten CILACAP. Yakni desa wisata Jetis Nusawungu dan desa wisata Gentasari Kroya. 

Kabid Pemasaran dan Ekraf Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Erni Suharti mengatakan, pengembangan kuliner dan daya tarik wisata lainnya akan dikembangkan di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Sedangkan Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap akan dikembangkan untuk produksi ekonomi kreatif. 

"Desa wisata terus kita promosikan. Di tahun ini kita mendorong setiap desa untuk bisa membuat desa wisata. Agar ekonomi tumbuh," ujarnya

Dia menilai, pengembangan ide kreatif ini juga diperlukan untuk menarik wisatawan yang lebih banyak lagi. Kekuatan budaya ataupun mitos setempat bisa memiliki daya tarik dan jual wisatawan. 

BACA JUGA:Dermaga Penyeberangan Megah Dibangun di Desa Wisata Karangbanar, Kecamatan Nusawungu

BACA JUGA:Ekonomi Kreatif di Cilacap Terus Ditingkatkan Melalui Desa Wisata

"Desa wisata harus punya gambaran destinasi wisata yang menarik dan menjual. Jika kita punya kemasan bagus, orang datang tidak hanya sekali," ujarnya.

Selain itu, konsep desa wisata harus siap. Agar dapat menciptakan kesan yang bagus kepada wisatawan. 

"Satu hal yang perlu diperhatikan yakni masalah tata ruang dan menjaga kebersihan lingkungannya. Jika lingkungan tertata, bersih akan menciptakan kenyamanan wisatawan," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: