Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

Contoh Olahraga Kardio: Punya Banyak Manfaat!

Contoh Olahraga Kardio-Freepik-

Berjalan cepat pun tidak kalah manfaatnya dengan lari. Olahraga kardio ini juga dapat dilakukan oleh lansia agar tetap bugar. Bahkan hanya dalam 10 menit saja secara rutin bisa menyehatkan jantung dan paru-paru.

  • Bersepeda

Bersepeda juga menjadi olahraga kardio yang sangat populer kala masa pandemi karena begitu simpel dan mengandung unsur refreshing. Manfaat lain juga dapat mengurangi polusi jalan jika banyak yang beraktifitas dengan bersepeda.

  • Jumping Jack 

Cara melakukan Jumping Jack sangatlah mudah yaitu dengan berdiri tegak kemudian melompat dengan gerakan membentang tangan ke atas. Olahraga kardio dapat membakar 100 kalori dalam 10 menit.

  • Squat Jump 

Gerakan kardio ini sangat simpel untuk dilakukan di rumah. Mulailah dengan posisi jongkok dan tangan dilipat di belakang kepala. Kemudian lompat setinggi mungkin dan turunlah pada posisi jongkok lagi.

Manfaat dari Squat Jump yakni dapat menaikan irama jantung, membakar kalori, dan menguatkan otot paha dan kaki.

  • Lari di Tempat

Lari atau jalan di tempat merupakan salah satu olahraga kardio yang dapat kalian lakukan kapanpun dan di manapun. Kalian bisa meningkatkan gerakan dengan cara mempercepat lari atau jalan dan mengangkat lutut lebih tinggi.

Gerakan yang begitu mudah dilakukan ini memiliki manfaat yang sama dengan lari hingga bersepeda yakni menyehatkan jantung dan paru-paru.

BACA JUGA:Olahraga Jalan Kaki Dapat Cuan? Coba Aplikasi Hav

BACA JUGA:Mahasiswa UMP Raih Emas di Porprov Jateng 2023 Cabang Olahraga Taekwondo

  • Tinju

Olahraga tinju menjadi kardio yang sangat baik bahkan juga untuk kesehatan psikis karena dapat menyalurkan emosi. Dalam 30 menit saja kalian dapat membakar 400 kalori.

  • Hula Hoop

Olahraga kardio ini dilakukan dengan menggoyang pinggang yang menyenangkan dengan bantuan alat berbentuk lingkaran dari rotan atau plastik. Selain dapat menyehatkan jantung, juga dapat menguatkan otot tubuh bagian bawah.

  • Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga kardio yang paling asyik dilakukan. Selain dapat menyehatkan jantung, dan paru-paru. Berenang juga dapat menguatkan otot kaki dan otot perut.

Kini kalian sudah tau banyak contoh olahraga kardio. Silakan untuk memilih salah satunya untuk dilakukan secara rutin agar efek kardio dapat dinikmati secara jangka panjang. (okt/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: