Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana Minta Pahami Situasi Politik dan Tegaskan Netralitas ASN

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana Minta Pahami Situasi Politik dan Tegaskan Netralitas ASN

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Drs Nana Sudjana AS, MM, mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap netral dan tidak bermain politik praktis dalam pemilu 2024 mendatang.-Humas Pemprov Jateng untuk Radarmas-

SEMARANG, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Drs Nana Sudjana AS, MM, mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap netral dan tidak bermain politik praktis dalam pemilu 2024 mendatang. Ia meminta setiap ASN harus memahami betul bagaimana situasi politik yang ada.

"Selama pemilu nanti, kami sudah menekankan kepada seluruh aparatur sipil negara. Jadi kita harus mengetahui dan memahami bagaimana politik itu tetapi tidak ada anggota ASN yang bermain politik praktis. ASN netral dalam pelaksanaan pemilu maupun pilkada yang akan kita laksanakan di tahun 2024 ini," kata Nana Sudjana usai menghadiri latihan Sispamkota Polda Jateng dalam rangka pengamanan tahapan pemilu 2024 di Sirkuit Mijen, Kota Semarang, Senin (25/9/2023).

Nana menjelaskan, memahami situasi politik sangat penting bagi setiap ASN. Terutama terkait isu hoaks yang berpotensi muncul selama tahapan pilkada. Untuk itu ASN harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk meredam dan memberikan pemahaman terkait isu hoaks yang mungkin beredar maupun tindakan yang mengarah  pada pelanggaran pemilu.

"Kita berharap ke depan, saya yakin, masyarakat kita semakin pandai, semakin mengetahui dan kita harapkan dalam pelaksanaan nanti berjalan dengan baik. Kita akan jamin masalah kondusifitas," jelasnya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana Minta Perbedaan Harga Beras Medium dan Premium Dipantau

BACA JUGA:Pj Gubernur Jawa Tengah Imbau Masyarakat Terus Waspada Karhutla

Terkait persiapan pemilu 2024 di Jawa Tengah, Nana Sudjana menyampaikan terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan Forkompimda. TNI-Polri dan instansi terkait termasuk pemerintah daerah telah melakukan persiapan-persiapan. Salah satunya latihan pengamanan yang digelar oleh Polda Jateng dan seluruh Polres jajaran di masing-masing kabupaten/kota.

"Pemetaan potensi konflik sudah dilakukan. Tadi juga sudah dipraktikkan oleh petugas bagaimana mengatasi konflik yang ada. Saya rasa ini kerja sama dan kolaborasi antara TNI-Polri dan Pemda dalam penanganan situasi ketika menghadapi permasalahan terkait tahapan pemilu," ungkapnya.

"Masing-masing instansi tidak bisa berjalan sendiri. Perlu adanya kerja sama, kolaborasi, dan kebersamaan dalam pelaksanaan tugas. Kita akan mampu menyelesaikan permasalahan serta menciptakan keamanan dan kondusifitas," lanjutnya.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan latihan Sispamkota di Sirkuit Mijen merupakan latihan terakhir. Sebelumnya masing-masing Polres di kabupaten/kota sudah melaksanakan latihan Sispamkota bersama dengan Kodim dan Pemda.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana Siap Lanjutkan Fondasi Integritas yang Dibangun Ganjar

BACA JUGA:Pilkades Serentak Kracak Banyumas Diikuti Dua Calon Kepala Desa, Ini Sosoknya

"Hari ini adalah puncaknya. Di samping Sispamkota kami juga gunakan sispam VVIP dalam kondisi kontijensi terkait dengan para calon yang nanti akan kita lakukan pengamanan pemilu ini. Terakhir sispam Mako yang dipakai di mako-mako jika nanti terjadi potensi konflik pada saat penanganan pilkada. Semua tahap kita lakukan, diharapkan pada saatnya nanti seluruh tahapan pemilu yang digelar KPU, jajaran Polda Jawa Tengah sudah siap mengamankan," katanya.

Luthfi menambahkan, Unit Cyber juga disiapkan untuk sistem pengamanan di dunia maya. Unit itu dikendalikan oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus). Namun unit itu juga ada di Direktorat Reserse Kriminal Umum, Intelijen, dan Humas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: