10 Tips Bebas Dari Overthinking

10 Tips Bebas Dari Overthinking

Ilustrasi Overthinking -Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Berlebihan dalam berpikir atau bahasa kerennya overthinking adalah hal yang umum dialami oleh banyak orang. Saat kita terlalu banyak memikirkan sesuatu, kita akan merasakan stress, kecemasan yang berlebihan, hingga ketidaknyamanan emosional. 

Namun, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi overthinking dan bisa mengendalikan diri atas apa yang kita pikirkan. Dalam artikel ini akan dibahas 10 tips bebas dari overthinking. 

1. Self Awareness

Tips pertama yang bisa kamu terapkan agar overthinkingmu hilang adalah melakukan self awareness (kesadaran diri). Kamu perlu untuk mencoba mengenali pola pikirmu saat merasa memasuki zona overthinking. Tunjukkan perhatianmu pada peristiwa atau momen-momen saat kamu mulai cemas atau khawatir, dengan begitu kamu bisa lebih cepat untuk mengidentifikasi saat-saat ovethinking terjadi. 

2. Mindfulness dan Meditasi

Agar overthinkingmu hilang, maka mindfulness atau meditasi adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan. Dengan mempraktikan dua cara ini bisa membantumu untuk mengalihkan perhatian dari hal-hal yang membuat overthinking. Coba luangkan waktumu setiap hari untuk bermeditasi atau melakukan latihan mindfulness yang sederhana. Hal tersebut bisa membantu kamu bebas dari overthinking. 

BACA JUGA:Tips Social Proof di Tiktok Shop: Rahasia Kesuksesan Bisnis Anda

BACA JUGA:Tips Belajar Efektif! Gimana Sih Caranya Konsisten

3. Menjaga Tubuh

Kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah dua hal yang sangat berhubungan erat. Jangan sampai perasaan overthinkingmu membuat jam tidurmu berantakan, makan tidak seimbang, dan hal-hal yang tidak baik lainnya. Maka dari itu, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan fisikmu karena tubuh yang sehat akan cenderung lebih baik dalam mengelola stress dan overthinking. 

4. Fokus pada Hal yang Bisa Dikendalikan

Seringkali, munculnya overthinking adalah ketika kita terlalu banyak memikirkan hal-hal yang ada di luar kendali kita. Maka dari itu, alihkanlah perhatianmu pada aktivitas maupun hal-hal yang bisa kamu kontrol. Identifikasi cara apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi situasi yang sedang kamu pikirkan, serta fokuslah pada langkah-langkah tersebut. 

5. Batasi Waktu Berpikir

Agar overthinkingmu hilang, maka kamu perlu membatasi waktu untuk memikirkan masalah atau mengkhawatirkan sesuatu. Contohnya, berikan dirimu waktu 15 hingga 30 menit untuk merenungkah suatu masalah, dan ketika waktu berakhir, kamu harus memutuskan untuk berhenti memikirkan hal tersebut. Dengan cara tersebut, bisa membantumu menghindari terjebak dalam siklus berpikir yang tidak produktif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: