Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kebumen untuk Para Pelancong

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Kebumen untuk Para Pelancong

Oleh-Oleh Untuk Kalian Yang Sedang Berkunjung Di Kebumen-Adatah-

RADARBANYUMSA.DISWAY.ID - Kebumen adalah daerah yang terletak di Jawa Tengah. Kebumen sendiri memiliki banyak oleh-oleh khas yang cocok untuk kalian yang sedang berkunjung disana.

Kalian yang sedang berwisata di daaerah Kebumen bisa membeli oleh-oleh khas Kebumen. Tentunya oleh-oleh ini cocok untuk kalian yang melakukan perjalanan jauh dan tidak mudah basi dan busuk. Sehingga bisa menjadi buah tangan yang worth it.

Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Kebumen yang perlu kalian beli atau coba.

1. Lanting

Lanting adalah oleh-oleh khas kebumen yang cocok untuk kalian yang sedang perjalanan jauh. Karena oleh-oleh ini cocok untuk dimakan saat perjalanan. Lanting adalah sejenis kerupuk dan biasa menjadi cemilan beberapa orang.

Bentuk lanting sangat unik, berbentuk seperti angka delapan atau seperti cincin. Lanting juga memiliki banyak sekali varian rasa mulai dari balado, bawang putih, dan masih banyak lagi rasa.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kuliner Khas Kebumen yang Wajib Dicoba

BACA JUGA:Bawa Muatan Berlebih, Nelayan Jetis Cilacap Tenggelam di Muara Logending Kebumen

Harga lanting sendiri juga terbilang murah. Jika kalian suka dengan oleh-oleh ini kalian bisa memborong lanting dengan jumlah yang cukup banyak. Biasanya perkemasan lanting dihargai antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

2. Olahan Yutuk

Oleh-oleh ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang unik. Mungkin kalian tidak pernah mendengar oleh-oleh ini. Yutuk merupakan hewan laut yang mudah di temukan di pesisir pantai Kebumen. Yutuk memiliki cangkang berbentuk seperti undur-undur (Serangga yang terkenal di Jawa).

Di Kebumen yutuk diolah menjadi rempeyek yang cocok di makan dengan makanan lain atau nasi. Karena yutuk merupakan hewan laut, cenderung olahan yutuk memiliki rasa asin dan gurih. Hal inii juga yang membuat yutuk cocok menjadi teman makan.

Jika kalian suka rempeyek, kalian bisa mencoba rempeyek dari yutuk. Apalagi kalian yang suka makan nasi dengan lauk yang gurih-gurih kalian harus coba oleh-oleh yutuk dari Kebumen.

BACA JUGA:Healing ke Pantai Lampon, Surga yang Tersembunyi di Kebumen

BACA JUGA:Jalur Alternatif Banjarnegara-Kebumen Ambles, Roda Empat Harus Memutar 20 Km

3. Jipang Kacang

Oleh-oleh yang satu cenderung memiliki rasa yang manis. Untuk kalian yang suka dengan kacang dan makanan manis-manis. Oleh-oleh khas Kebumen ini memiliki tekstur yang renyah karena adanya kacang menjadi bahan utama oleh-oleh ini.

Jipang kacang terbuat dari kacang, gula jawa, dan minyak sayur. Lalu tiga bahan inin di campurkan dan menghasilkan jipang kacang. Rasa dari oleh-oleh ini juga sangatlah unik.

Oleh-oleh tidak hanya dinikmati oleh oranag dewasa, tetapi juga anak-anak suka dengan oleh-oleh ini karena rasanya yang manis. Ketika di gigit jipang kacang ini tidak hanya memberikan rasa manis yang enak tetapi juga sensasi lengket seperti permen.

Karena rasa yang unik inilah oleh-oleh ini sangat diminati banyak sekali orang. Harga dari oleh-oleh ini pun bervariasi tergantung ukuran bungkus yang dijual. Untuk bungkus yang kecil oleh-oleh ini di hargai sekitarf Rp 5.000 sampai dengan Rp 8.000. Sedangkan ukuran besar kurang lebih Rp 15.000.

BACA JUGA:5 Mitos di Kebumen yang Masih Diyakini Sampai Sekarang

BACA JUGA:Bupati Banyumas Lantik Kades PAW Desa Kebumen Baturraden

4. Sagon Kelapa

Untuk yang kalian suka dengan olahan kelapa, oleh-oleh khas Kebumen ini sangat cocok untuk kalian karena terbuat dari kelapa. Rasa unik yang muncul dari kelapa membuat oleh-oleh tidak kalah dengan cemilan yang lain. Biasanya sagon kelapa banyak terlihat saat lebaran.

Tapi jangan khawatir, bukan berarti oleh-oleh hanya dibuat saat lebaran saja. Kalian dapat menemukan cemilan ini di pusat oleh-oleh Kebumen. Sagon kelapa ini juga sangat ramah di dompet orang yang berwisata.

Oleh-oleh sagon kelapa ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000 saja. Kalian bisa membeli oleh-oleh ini jika kalian mampir ke sekitar Kebumen.

Nah, tadi adalah beberapa makanan khas Kebumen untuk kalian yang sedang lewat atau berkunjung di daerah ini. Apalagi jika sebagai oleh-oleh untuk orang lain, tentunya akan membuat orang terhean-heran dengan rasanya yang unik-unik. (aru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: