Wilayah Cilacap Bagian Timur Rawan Gempa dan Tsunami

Wilayah Cilacap Bagian Timur Rawan Gempa dan Tsunami

Simulasi bencana di Kabupaten Cilacap beberapa waktu lalu,-DOK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID -  Gempa bumi berkekuatan kecil mengguncang Kabupaten CILACAP pada Minggu (24/9/2023).  

Plt Kepala UPT BPBD Kroya, Edi Purwanto mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan mitigasi bencana dengan melakukan sosialisasi dan membuat desa tangguh bencana di wilayah eks Distrik Kroya.

Menurutnya, wilayah Cilacap bagian timur, seperti Kecamatan Nusawungu, Binangun, Adipala, rawan terkena dampak gempa dan tsunami sehingga perlu ditingkatkan mitigasinya. 

"Kita terus melakukan sosialisasi, untuk meningkatkan mitigasi ke masyarakat khususnya masyarakat di wilayah pesisir. Selain itu juga bekerjasama dengan perusahaan, sekolah dan instansi lain untuk mengadakan simulasi bencana, diharapkan masyarakat bisa survive jika sewaktu waktu terjadi bencana," ujarnya.

BACA JUGA:Cilacap Diguncang Gempa Kecil Berturut-Turut

BACA JUGA:Selasa Pagi, Cilacap Diguncang Gempa Magnitudo 4,2

Diketahui, Cilacap kembali di guncang gempa pada Minggu (24/9/2023). Kekuatan gempa berskala kecil, dengan berkekuatan magnitudo (M) 2.4 SR pukul 10.25 WIB.

Tak sampai lima menit, pada pukul 10.28 gempa berskala kecil kedua kembali terjadi dengan magnitudo 2.8 SR. Kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara, Hery Susanto Wibowo mengatakan, pusat gempa pertama berada di koordinat 8.05 lintang selatan (LS) dan 108.76 bujur timur (BT). Berjarak 45 kilometer barat daya Cilacap. Dengan kedalaman 69 kilometer. 

Sedangkan gempa ke dua di koordinat 8.37 lintang selatan (LS) dan 109.21 bujur timur (BT). Berjarak 75 kilometer tenggara Cilacap. Dengan kedalaman 10 kilometer.  (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: