791 Lansia Mandiri di Cilacap Dapat Bantuan Permakanan dari Kemensos

791 Lansia Mandiri di Cilacap Dapat Bantuan Permakanan dari Kemensos

PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar didampingi Kepala Dinsos Kabupaten Cilacap Arida Puji Astuti saat menyalurkan bantuan permakanan di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Senin (18/9/2023).-Fadzri Setda untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 791 lansia mandiri atau lansia dengan usia diatas 80 tahun dan tinggal sendiri di Kabupaten CILACAP, mendapatkan bantuan permakanan dari Kementerian Sosial (Kemensos). Penyaluran dimulai sejak pertengahan bulan Agustus lalu hingga Desember 2023 mendatang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Arida Puji Astuti melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Sugandhi Setyabudi mengatakan, bantuan permakanan diantar langsung oleh petugas ke rumah masing-masing lansia di Cilacap.

"Mereka adalah KK tunggal dan sudah masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS), mereka mendapat 2 kali bantuan permakanan setiap hari," katanya, Rabu (20/9/2023).

Untuk menu, Sugandhi mengatakan, sudah melalui kajian gizi dari ahli gizi Puskesmas setempat karena pengolahan sekaligus distribusinya diserahkan kepada kelompok masyarakat.

BACA JUGA:Lakukan Percepatan Perbaikan Infrastruktur di Cilacap, Pj Bupati Cilacap Minta Aplikasi SIMBAJA di Update

BACA JUGA:Harga Beras di Cilacap Masih Tinggi, Dinas Klaim Stok Beras Aman

"Kelompok masyarakat itu nanti akan mengurus semuanya, termasuk tempat makannya harus steril atau bersih, lauk-pauknya jelas harus memiliki nilai gizi," lanjutnya.

Kedepan, bantuan permakanan akan menyasar para disabilitas mandiri serta lansia dari umur 75 keatas, karena masih banyak lansia mandiri yang belum terakomodir secara keseluruhan.

"Untuk lansia dengan usia 75 keatas masih kita cocokkan mengenai data - datanya termasuk penyandang disabilitas tadi, harapankan kita sih secepatnya data valid dan segera disalurkan, hal itu salah satu bentuk negara hadir dalam membantu warganya," pungkas Sugandhi. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: