Tips Jualan di TikTok Shop Menggunakan Live Streaming
Tips Jualan di TikTok Shop Menggunakan Live Streaming-duniafintech.com-
RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Meskipun terlihat cukup sederhana, bagi pemula yang ingin memulai berjualan di TikTok Shop, penting untuk memahami beberapa strategi yang efektif.
Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa sebuah konsep penjualan yang menarik mungkin tidak akan memberikan hasil optimal tanpa adanya jumlah penonton yang melimpah, yang pada akhirnya dapat mengurangi potensi keuntungan.
Salah satu aspek utama dalam menjalankan bisnis di TikTok adalah Fitur yang ada di TikTok Shop.
Penjual di TikTok memiliki kemampuan untuk mempromosikan produk mereka melalui fitur Live Streaming, sehingga memungkinkan interaksi langsung antara penjual dan konsumen.
BACA JUGA:14 Strategi Sukses Memasarkan Produk di TikTok Shop
BACA JUGA:Cara Menjadi Affiliate Marketing TikTok Shop, Ini Langkah yang Perlu Diperhatikan
Namun tidak semua orang bisa menggunakan fitur ini mungkin karena memang tidak mengerti atau tidak sesuai dengan persyaratan yang diberikan.
beberapa syarat agar bisa melakukan jualan di live streaming di Tiktok Shop :
1.memiliki akun Tiktok
2.telah berusia 18 tahun
3.mempunyai minimal 1.000 Followers
4.Tersedia produk yang akan dijual.
Setelah semua syarat yang di tentukan telah terpenuhi kamu harus mengetahui bagaimana caranya agar live streaming kamu ramai.
Jika live streaming akun kamu ramai dan banyak yang melihat, akan semakin mudah kamu untuk mendapatkan banyak konsumen karena banyaknya audiens.
Banyak tips - tips agar live streaming bisa dijadikan salah satu media untuk mempromosikan barang jualan antara lain :
BACA JUGA:Tips Mudah Menjadi Reseller di TikTok Shop, Media Sosial yang Sedang Booming
BACA JUGA:Tren TikTok Shop, Belanja Online yang Seru dan Menguntungkan
1. Perbanyak Interaksi dengan Pentonton
Ajak penonton yang ada di live streamingmu untuk berinteraksi dengan cara menanyakan suatu hal yang mereka suka atau komentar yang berkaitan dengan produk yang sedang kamu jual.
Jangan hanya berfokus pada promosi jualan produkmu saja karena akan membuat penonton merasa bosan dan jenuh seperti iklan di tv.
Buat promosi live streaming kamu dengan dikemas secara menarik mengikut trend viral yang ada pada saat itu.
2. Live Streaming di Prime Time
Tidak hanya dalam acara tayangan televisi, konsep istilah "prime time" juga dikenal dalam live streaming TikTok.
BACA JUGA:TikTok Shop vs UMKM Lokal, Peluang dan Tantangan Persaingan Bisnis
BACA JUGA:14 Strategi Sukses Memasarkan Produk di TikTok Shop
Kamu bisa melakukan analisis kecil-kecilan mengenai tren pencarian dan kategori akun. Selain itu, lakukan siaran langsung beberapa kali untuk menguji waktu yang paling optimal, seperti saat istirahat siang, malam ketika pekerja sudah pulang, atau akhir pekan.
3. Informasikan Produk dengan Singkat dan Jelas
Informasi produk yang dibagikan dalam live streaming TikTok perlu disampaikan dengan cara yang mudah dipahami dan tidak rumit, mengingat hal ini dapat mempengaruhi minat para penonton.
Ketika penonton kehilangan minat pada tahap awal, besar kemungkinan mereka akan langsung meninggalkan live streaming.
Oleh karena itu, pesan yang ingin disampaikan harus tersaji dengan ringkas, padat, dan jelas.
BACA JUGA:Menghasilkan Uang dari Konten, Yuk! Daftar Tiktok Affiliate
BACA JUGA:Bersaing Dengan Shopee dan Tokopedia, Inilah Keuntungan Menggunakan TikTok Shop
sehingga penonton dapat menerima informasi tersebut dengan baik, yang pada akhirnya akan mendorong mereka untuk berinteraksi lebih lanjut.
4. Buat Kegiatan Promosi yang Kreatif
Untuk menarik perhatian pengguna tiktok dan penonton live streaming kamu harus memiliki ciri khas beda dari yang lain, agar pentonton tertarik menonton live streaming mu.
Misal saja dengan cara mengadakan dan menawarkan diskon atau promosi dapat berpengaruh besar terhadap tingkat penjualan.
Hal ini tidak hanya memanfaatkan basis pengguna yang luas, tetapi juga menghilangkan kebutuhan untuk menghabiskan biaya pada promosi dan iklan.
BACA JUGA:Tips Mudah Menjadi Reseller di TikTok Shop, Media Sosial yang Sedang Booming
BACA JUGA:Tips Bikin Konten Mirror Selfie Yang Aesthetic Pakai Galaxy Z Flip5 ala Content Creator TikTok
Menawarkan penawaran menarik seperti flash sale eksklusif selama siaran langsung adalah strategi efektif.
karena akan mendorong pembeli untuk segera melakukan pembayaran sebelum siaran berakhir.
5. Sertakan link produk dan katalog agar mudah di chek out
Jika kamu tidak menyertakan katalog dan opsi produk untuk langsung di check out, penonton akan kesulitan dalam melakukan pembelian produk.
Adanya fitur ini akan memberikan kemudahan bagi penonton untuk membeli barang dan memanfaatkan promo selama siaran langsung.
TikTok Live Streaming telah menjadi platform yang memfasilitasi bertemunya antara para penjual dengan calon pembeli.
Platform ini memiliki kapasitas untuk meningkatkan pemahaman tentang produk yang kamu jual. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: