Menikmati Sunset Kota Cilacap, di Pantai Teluk Penyu

Menikmati Sunset Kota Cilacap, di Pantai Teluk Penyu

Menikmati Sunset Kota Cilacap, di Pantai Teluk Penyu-sikidang.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kota Cilacap merupakan kota yang berada di pesisir selatan Jawa, tidak heran jika kota Cilacap memiliki banyak pantai yang menyimpan keindahan lautnya. Salah satunya adalah Pantai Teluk Penyu.

Pantai Teluk Penyu Merupakan salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Jawa Tengah , Lokasi tepatnya berada di Kec. Cilacap Selatan, Kota Cilacap.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Cilacap hanya sekitar 3 Km ke arah timur. Karena jarak tempuhnya yang cukup dekat dengan pusat kota Cilacap, pantai ini memiliki akses yang mudah dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Kawasan Pantai ini terbentang dari Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap yang ada di bagian Utara sampai Pulau Nusakambangan yang ada dibagian Selatan.

 

BACA JUGA:Pilihan Aktivitas Liburan Seru dan Murah di Pantai Teluk Penyu Cilacap

BACA JUGA:Sedekah Laut di Pantai Teluk Penyu Dipenuhi Pengunjung

 

Dengan disuguhi pemandangan dari kapal – kapal Nelayan Tradisional yang sedang melintas berlalu lalang dan Kapal Tanker yang keluar masuk dari pelabuhan Tanjung Intan, serta keberadaan kilang Minyak Pertamina yang juga berdiri tegak membuat suasana pantai semakin Indah.

Dinamakan Pantai Teluk Penyu memang karena dulunya dipakai sebagai tempat untuk pengembangan penyu – penyu. Tapi sekarang sudah tidak banyak lagi Penyu yang dapat dilihat di Pantai ini.

 

 

Keindahan Pantai Teluk Penyu

Meskipun Penyu dipantai ini sudah tidak banyak yang bisa dilihat keberadaanya, namun daya tarik di Pantai ini sangat worth it untuk dikunjungi.

Dengan hamparan pasir yang halus dan air lautnya yang biru sehingga cocok untuk menagajak keluarga atau teman bermain di pinggiran pantai, sambil bersantai melihat pemandangan laut yang ada di depan mata.

 

BACA JUGA:Pengelolaan Pantai Teluk Penyu akan diserahkan Pemkab, Target PAD 1 Triliun

BACA JUGA:Sepanjang Pantai Cilacap Rawan Abrasi, Tahun Ini Akan Dibangun Tanggul Sepanjang 6 Kilometer

 

Kamu bisa menikmati hembusan angin pantai dan suara deburan ombak yang menenangkan pikiran, jika kamu ingin pergi Ke Pantai Teluk Penyu waktu yang disarankan untuk mengunjungi pantai Teluk Penyu ini adalah pada saaat pagi dan sore hari.

Karena waktu ini pas untuk kamu menikmati sunrise pantai dipagi hari dan melihat sunset matahari terbenam pada sore hari. Suasana dan keindahan yang disuguhkan akan menenangkan pikiran dan perasaan.

Aktivitas lain yang bisa anda lakukan di Pantai Teluk penyu ini adalah pergi ke pantai pasir putih yang ada di Pulau Nusakambangan, belum lengkap rasanya jika ke Pantai Teluk Penyu tapi tidak sekalian k pantai pasir putih.

cukup menyebrangi pantai Teluk Penyu menggunakan perahu sampai Pulau Nusakambangan, setelah sampai di Pulau Nusakambangan kemudian menuju pintu tiket Pasir Putih, tidak jauh dari tempat membeli tiket masuk, hanya sekitar 15 menit berjalan kamu telah sampai di Pantai pasir putih.

 

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Berencana Kelola Wisata Pantai

BACA JUGA:Sambut Wisatawan, Pengelola Wisata Bersih-Bersih Pantai

 

 

 

Daya Tarik Budaya Pantai Teluk Penyu

Jika kamu sedang beruntung kamu dapat melihat tradisi sedekah laut yang biasanya rutin dilakukan oleh para nelayan disekitar pantai. Sedekah laut merupakan ritual rutinan yang diselenggarakan setiap tanggal 1 syura.

Ritual ini dilakukan dengan cara menghanyutkan kepalau kerbau dan sesajen lainya ke tengah laut. Sebelumya kepalau kerbau dan sesajen ini ditaruh pada suatu tempat yang dinamakan Jolang, Kemudian para nelayan akan membasuh mukanya dengan air laut yang ada di sekitar Jolang.

Budaya ini ditunjukan sebagai rasa syukur kepada tuhan atas perlindungan keseleamatan saat melaut dan rezeki yang telah diberikan, juga sebagai penghormatan kepaada Ratu Pantai Selatan, Nyai Roro Kidul.

 

Harga tiket masuk Pantai Teluk Penyu

Tidak perlu khawatir ke pantai ini harus membawa uang yang banyak, karena harga tiket masuk ke pantai Teluk Penyu ini hanya Rp 5.000/ orang , dengan biaya tambahan jika kamu membawa kendaraan hanya sekitar Rp 3.000/ Motor dan Rp 5.000 /mobil.

Kurang atau hanya Rp 10.000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah di Pantai Teluk Penyu.

 

 

 

Fasilitas yang diberikan Pantai Teluk Penyu

Pengelola pantai telah menyediakan beberapa fasilitas yang membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah berlama – lama di pantai ini. Beberapa Fasilitas yang ada di Pantai ini adalah :

  • Kamar mandi umum
  •  
  • Tempat Parkir
  •  
  • Musholla
  •  
  • Gazebo
  •  
  • Lapangan voli
  •  
  • Warung makan
  •  
  • Kios oleh – oleh
  •  
  • Tempat penyebrangan ke pulau Nusakambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: