Pengelolaan Pantai Teluk Penyu akan diserahkan Pemkab, Target PAD 1 Triliun

Pengelolaan Pantai Teluk Penyu akan diserahkan Pemkab, Target PAD 1 Triliun

Kondisi Pantai Teluk penyu tampak ramai pengunjung ketika sore hari maupun hari libur, Senin 15 Mei 2023.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pengelolaan terhadap obyek wisata teluk penyu akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab CILACAP, hal itu terjadi setelah adanya kesepakatan serta persetujuan dan Panglima TNI.

PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengatakan, sebenarnya secara filosofi Pemerintah Daerah memiliki hak untuk pengelolaan pantai Teluk Penyu, Pemkab dalam waktu singkat berhasil meyakinkan Panglima TNI untuk  pengelolaan kawasan itu.

"Sebenernya kita memiliki hak, maka dari itu kita mencoba membicarakan hal itu kepada Panglima dan Alhamdulillah Panglima berikan ijin prinsip," katanya,Selasa 16 Mei 2023.

Meski demikian, Yunita mengakui untuk pembenahan ifrastruktur dan lain - lain masih membutuhkan waktu lama, yang terpenting baginya Panglima telah memberikan lampu hijau.

"Nanti kita akan segera proses, meski demikian hal itu tentunya akan memberikan masukan ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita, yang selama ini kita tahu sektor Pariwisata belum memberikan income yang signifikan," tambahnya.

Yunita menjelaskan, sebelumnya Pemkab Cilacap melepaskan pengelolaan Teluk Penyu setelah pihak Kodam IV Diponegoro mensertifikasi kawasan garis pantai selatan Cilacap kemudian selanjutnya pengelolaan wilayah pantai diambil alih oleh TNI.

"Sebelumnya pihak Pangdam kan BMN atau aset milik Negara kemudian secara prinsip diberikan kepada daerah melalui BMD atau aset milik Daerah, nanti melalui BMD pengasilannya akan dibagi dengan BMN," bebernya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Cilacap Taufik Nurhidayat menyambut baik kabar tersebut, dengan begitu ia bersama Pemkab mematok target Rp 1 Triliun PAD dari sektor pariwisata.

"Kita kan tau, Teluk Penyu merupakan ikon dari Kabupaten Cilacap, sepanjang PLTU Bunton hingga Kawasan Teluk Penyu nantinya yang akan dikelola," tuturnya.

Menurutnya, secara Peraturan Daerah (Perda) mengenai RTRW Pemkab Cilacap sudah siap, tinggal nanti turunan dari Perda itu untuk membangun infrastruktur yang mengarah kesana.

"Jika semua jelas maka hal itu akan membuat investor tertarik, baik secara regulasi maupun akses, apalagi BMN sudah diberikan ke BMD, semoga ke depan Cilacap semakin maju untuk pariwisatanya," pungkasnya.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: