Tingkatkan Kualitas Populasi Ternak Sapi, Dispertan Cilacap Lakukan Inseminasi Buatan

Tingkatkan Kualitas Populasi Ternak Sapi, Dispertan Cilacap Lakukan Inseminasi Buatan

Proses pengisian nitrogen cair untuk semen beku di Puskeswan Cilacap.-Slamet Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARNAMYUMAS.DISWAY.ID - Upaya percepatan populasi ternak sapi di Kabupaten CILACAP, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten CILACAP melakukan pengisian nitrogen cair untuk straw atau semen beku hewan ternak sapi. Straw dikirim dari BIB (Balai Inseminasi Buatan) Ungaran Semarang. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Kabupaten Cilacap Slamet Sugino mengatakan, container tempat penyimpanan semen beku setiap bulannya harus diisi. 

"Cairan untuk menyimpan semen beku akan berkurang karena menguap setiap sebulannya. Diisi agar semen beku sapi tidak mati. Ada 10 container yang diisi, diisimpan di suhu -192 derajat celsius," kata Slamet.

Slamet mengatakan, semen beku akan digunakan untuk keperluan kawin suntik. Melalui inseminasi buatan ke dalam saluran alat reproduksi betina sehingga mampu meningkatkan mutu genetik.

BACA JUGA:Punya Potensi Besar, Cilacap Butuh Investor untuk Pabrik Pengolahan Susu Kambing

BACA JUGA:Persiapan Tsunami Ready Community, Cilacap Jadi Pilot Projek Magang Studi Independen Bersertifikat

"Di Cilacap ada target 4 ribu injeksi dari berbagai ras sapi. Sampai sata ini sudah ada 3 ribu sapi betina yang diinjeksi. Dari jumlah tersebut, separuhnya berhasil dan dapat menambah populasi sapi di Cilacap," katanya.

Menurutnya, tingkat keberhasilan inseminasi buatan tersebut mencapai 50-60 persen. Dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali penginjeksian.

"Kalau diinjeksi dengan baik dan betul tidak ada efek sampingnya. Justru dengan injeksi tersebut akan lahir sapi yang unggul, kualitasnya bagus karena berasal dari Lembang Ungaran," ujar Slamet. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: