7 Manfaat Bersepeda untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani

7 Manfaat Bersepeda untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani

7 Manfaat bersepedah untuk meningkatkan kesehatan jasmani-klikdokter.com-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Olahraga sepeda menjadi kegiatan yang sangat disukai dari kalangan usia, Mulai dari anak – anak sampai orang tua akan memilih olahraga bersepeda sebagai salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan, Karena olahraganya juga tidak terlalu berat.

Maka dari itu bersepeda dijadikan pilihan olahraga pada 1-2 tahun kebelakang pada saat pandemi, olahraga bersepedah menjadi semakin populer dan naik daun.

karena memiliki beberapa manfaat untuk meningkatkan kesehatan Jasmani tubuh kita. Terutama pada otot – otot kaki pada saat mengayuh sepedah.

 

BACA JUGA:Banyumas Kirim 85 Pegiat Olahraga Tradisional Untuk Tingkat Provinsi

BACA JUGA:Mau Berkuda fdi Banjarnegara, Cek Lokasi Serunya Olahraga Berkuda Menelusuri Pedesaan

 

Sepeda juga disenangi karena memiliki harga yang bervariatif dari yang murah, kelas menengah , bahkan yang mahal seharga mobil sekalipun ada. Sehingga menjadi bersepdah menjadi olahraga yang menjangkau dari segala kelas ekonomi.

Bahkan jika melihat di kota – kota besar seperti di Jakarta misalnya, Sepeda sudah dijadikan sebagai olahraga yang bergengsi atau sebagai salah satu gaya hidup yang tidak boleh ketinggalan.

Berikut ini merupakan 7 manfaat olahraga sepeda untuk meningkatkan kesehatan jasmani :

Meningkatkan kesehatan jantung dan Paru – paru

Bersepeda akan membantu mengontrol detak jantung  dan melatih pernapasan bagi paru – paru sehingga dengan bersepeda yang dilakukan secara rutin atau setidaknya 30 menit dalam sehari saja sudah mengurangi resiko penyakit jantung dan resiko pernapasan.

 

BACA JUGA:96 Peserta Ikuti Festival Olahraga Disabilitas di GOR Satria Purwokerto

BACA JUGA:Targetkan 50 Atlet Di Festival Olahraga Disabilitas di Banyumas

 

Mengurangi resiko terkena kanker

Bersepeda dapat mengurangi risiko kanker, karena orang yang memiliki jasmani yang bugar akan beresiko lebih rendah terkena kanker, apalagi bagi usianya yang sudah tua.

Hal tersebut juga dapat dibantu dengan pola asupan makan yang sehat, kedua hal ini jika dilakukan dengan baik dan rutin menjadi salah satu cara untuk menurunkan resiko kanker.

Untuk para pengidap kanker dengan bersepeda juga dapat membantu pemulihan dan mengurangi efek samping dari pengobatan kanker karena bersepeda dapat meningkatkan kualitas kesehatan jasmani secara keseluruhan.

Membantu mengurangi berat badan

Bersepeda dengan intensitas yang dilakukan secara rutin dapat membantu tubuh kita mengontrol dan mengurangi kadar lemak yang ada di dalam tubuh.

 

BACA JUGA:Siap Bertanding di Porprov Jateng 2023, Kabupaten Banyumas Kirimkan 313 Atlet dari 40 Cabang Olahraga

BACA JUGA:GOR Satria Purwokerto Terbuka Peluang Adakan Even Olahraga

 

 

Selain itu manfaat Bersepedah pada pagi hari akan semakin mengoptimalkan untuk meningkatkan metabolisme , dan membentuk otot – otot yang ada dalam tubuh , yang memungkinkan tubuh kita akan lebih optimal membakar kalori yang ada bahkan pada saat tubuh istirhat.

Menstabilkan kadar gula dalam darah

Jika tubuh kamu jarang olahraga bukan tidak mungkin kadar gula yang ada di dalam darah kalian sudah tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Maka dari itu dengan berolahraga terutama dengan bersepeda secara rutin dapat menjadi salah satu pilihan kamu untuk mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah.

Sehingga resiko diabetes yang kamu miliki akan berkurang, karena pada saat ini diabetes tidak hanya dialami pada saat usia tua melainkan juga kalangan muda yang biasa untuk membudayakan malas gerak akan mengalami resiko terkena diabetes yang cukup tinggi.

 

BACA JUGA:Mulai Bermunculan, Dua Even Olahraga Nasional Diselenggarakan di GOR Satria

BACA JUGA:Akhir Pekan, Waktunya Olahraga Bareng Keluarga

 

Meningkatkan massa otot

Otot jika tidak dilatih maka tidak akan berkembang, maka dari itu kamu harus berolahraga untuk meningkatkan massa otot dalam tubuhmu.

Bersepeda dapat meningkatkan massa otot terutama pada otot – otot kaki, paha dan , betis serta membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Menurunkan tingkat Depresi

Pada saat bersepeda tubuh kita akan menurunkan tingkat depresi karena mengurangi adrenalin dan kortisol sebagai hormon- hormon penyebab depresi.

Selain itu sepeda merupakan olahraga luar ruangan, sehingga membuat mata melihat dan menikmati pemandangan yang menjadi salah satu cara menurunkan tingkat depresi.

 

BACA JUGA:Olahraga Atletik Banyak Dikenal Tapi Minim Atlet

BACA JUGA:Sempatkan Berolahraga

 

Mengurangi resiko Insomnia

Insomnia merupakan keadaan situasi dimana tubuh seseorang sulit beristirahat atau tidur yang biasanya disebabkan karena keadaan tubuh yang tidak bugar juga tidak sehat.

Dengan melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda tubuh akan menjadi lebih bugar dan emosional akan lebih terjaga.

Emosional dan tubuh yang bugar akan semakin mengoptimalkan tubuhmu memiliki waktu istirahat yang cukup dan baik.Sehingga menghindarkan dari risiko Insomnia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: