Templek, Kuliner Legendaris Banyumas yang Jarang Diketahui

Templek, Kuliner Legendaris Banyumas yang Jarang Diketahui

mengenal templek, kuliner legendaris dari kabupaten banyumas-Dhani Dwi Anggoro -

RADARBANUMAS.DISWAY.ID - Kabupaten Banyumas adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki ragam kuliner yang unik. Dari Mendoan, Soto Sokaraja, Nopia, dan Sale Pisang. Dan ada satu kuliner legendaris Banyumas yang jarang orang ketahui yaitu Templek atau Niwo.

Templek adalah kuliner legendaris Banyumas yang jarang ditemui di daerah lain. Bahkan masyarakat Banyumas sendiri ada yang tidak mengetahui tentang makanan ini.

Templek merupakan makanan yang dibuat dari sisa olahan tahu atau ampas tahu yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Bentuknya menyerupai kelereng. Biasanya dicampur dengan olahan bawang putih tumbuk, lengkuas, dan juga cabai.

Makanan yang satu ini mudah dibuat dan murah harga jualnya. Hampir di setiap pasar banyak yang menjual ampas tahu yang menjadi bahan dasar templek, dan pastinya harganya sangat terjangkau.

BACA JUGA:Soto Sangka, Kuliner Nusantara Legendaris Khas Banyumas Sejak 1925

BACA JUGA:Deretan Kuliner Indonesia yang Berhasil Memikat Hati Para Idol K-Pop

Templek lebih enak disantap saat masih hangat. Rasanya renyah dan lembut di dalam. Biasanya Templek ada yang pedas, tapi jika kurang pedas bisa dimakan dengan cabai atau dengan sambal kecap.

Walaupun mudah dibuat dan murah, kepopuleran Templek sebagai makanan atau kuliner legendaris Banyumas masih kalah populer dibandingkan dengan sahabatnya yaitu Mendoan. Karena banyak orang yang beranggapan Templek adalah makanan yang kurang bergizi karena terbuat dari ampas tahu

Dimana Bisa Mencicipi Templek?

Banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk mencoba Templek. Banyak pedagang gorengan yang menjual Templek, dan biasanya dijual dengan harga Rp 500 per biji.

Namun, ada satu tempat kuliner legendaris yang bisa dikunjungi untuk menikmati Templek yaitu, Rumah Makan Niwo Pedes Bu Encih.

BACA JUGA:Mengenal Kuliner Khas Banyumas Ranjem, Gorengan Berbahan Ampas Tahu

BACA JUGA:Kuliner Soto Khas Purbalingga yang Tak Ditemukan di Daerah Lain, Apa Saja?

Warung Makan Niwo Pedes Bu Encih adalah tempat makan di Kabupaten Banyumas yang menyediakan Templek sebagai salah satu menunya.Warung makan ini terletak di Desa Kalibagor, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas. Tepatnya di sebelah selatan eks Pabrik Gula Kalibagor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: