Profil Soeratin Sosrosoegondo: Pendiri Sekaligus Ketua Pertama PSSI

Profil Soeratin Sosrosoegondo: Pendiri Sekaligus Ketua Pertama PSSI

Profil Soeratin Sosrosoegondo-Dok. PSSI-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Profil Soeratin Sosrosoegondo tentu menjadi informasi menarik bagi pecinta sepak bola di Indonesia. Bagaimana tidak, saat ini PSSI sedang menjadi sorotan lantaran terlihat adanya kemajuan di Timnas Indonesia.

Terbaru, Timnas Indonesia U-23 berhasil menumbangkan China Taipei dengan skor 9-0 dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23.

Dalam hal ini, tentu banyak masyarakat yang penasaran dengan siapa sosok pendiri PSSI kala itu.

Berikut informasi mengenai profil Soeratin Sosrosoegondo yang telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

 

BACA JUGA:Jelang Liga 3 Jawa Tengah, Askab PSSI Purbalingga Mulai Seleksi Pemain Lokal

BACA JUGA:Format Liga 2 Musim 2023/2024 Berubah, PSCS Surati PSSI Minta Format Kompetisi dikembalikan Seperti Semula

 

Profil Soeratin Sosrosoegondo

Soeratin Sosrosoegondo merupakan pria yang lahir pada 17 Desember 1898 di Yogyakarta. Sosoknya merupakan pendiri PSSI sekaligus menjabat sebagai ketua pertama PSSI medio 1930-1940.

Soeratin merupakan insinyur sebagai anak dari seorang guru dan pengarang buku bernama R.Soesrosoegondo. Kemudian Soeratin menikahi R.A Srie Woelan yang merupakan adik kandung Dr. Soetomo, tokoh pendiri organisasi Budi Utomo.

Soeratin berprofesi sebagai insinyur sipil yang menyelesaikan pendidikannya di sekolah tinggi teknik Heckelenburg, Jerman 1927. Sebelumnya dirinya mengenyam pendidikan di Koningen Wilhelmina School (KWS) selama 5 tahun.

Berselang setahun setelah merampungkan pendidikan di KWS, Soeratin kembali ke Indonesia dan bekerja di perusahaan milik Belanda yang bertempat di Jogja, Sizten en Lausada.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: