Terdampak Kemarau, Terjunkan Truck Water Treatment

Terdampak Kemarau, Terjunkan Truck Water Treatment

Warga gerumbul Karet Kelurahan Sumpiuh Kecamatan mengalami krisis air bersih terdampak musim kemarau.-SATBRIMOB POLDA JATENG UNTUK RADARMAS-

Warga Nikmati Air Siap Minum

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID -Warga gerumbul Karet Kelurahan Sumpiuh Kecamatan mengalami krisis air bersih terdampak musim kemarau. Sehubungan dengan hal tersebut, Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jawa Tengah memasok air siap minum untuk warga. 

Wadanyon D Pelopor, AKP Maryono S.I.Kom menyampaikan pihaknya mendatangkan satu unit truck water treatment ke lokasi krisis air bersih terdampak musim kemarau.

"Air siap konsumsi sebanyak 2.000 liter kami distribusikan ke warga terdampak musim kemarau di gerumbul Karet," jelas AKP Maryono.

BACA JUGA:Truk Oleng, Tubruk 3 Motor dan 4 Mobil

Sehingga, warga terdampak musim kemarau tidak perlu lagi repot merebus air untuk minum. Sementara waktu juga lebih hemat karena tidak membeli galon.

Pasi Log Batalyon B Pelopor, Iptu Suwarto menambahkan satu unit mobil water treatment dapat mengolah air menjadi siap minum dengan kapasitas 2.000 liter.

Proses pengolahan air siap minum telah melalui uji kadar pH dan ppm air yang terkandung. Standarisasi air bersih dengan skala pH airnya 0 - 14 pH. Air minum yang dikonsumsi dengan skala 6,5 - 9,5 pH. Lalu, ppm di bawah 500 yang layak dikonsumsi.

BACA JUGA:KPU Banyumas Sosialisasikan Pemilu Kepada Wartawan

"Pengujian hasil pengolahan air siap minum terdapat 7,2 pH. Dengan demikian, air siap minum aman untuk dikonsumsi," terang Iptu Suwarto.

Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Jawa Tengah dalam mendistribusikan air dibantu oleh BPBD Kabupaten Banyumas. Selain air siap konsumsi, juga menyalurkan 4.000 liter air bersih untuk warga di 5 RT wilayah RW 2 gerumbul Karet.

Sementara itu, dua unit mobil tangki BPBD Kabupaten Banyumas mendistribusikan air bersih sebanyak 8.000 liter untuk warga krisis air bersih di RT 4 dan 6 wilayah RW 2 Desa Selandaka.

BACA JUGA:48 Guru ASN di Banjarnegara Terima SK PMK

"Sudah satu setengah bulan kekeringan, terima kasih kepada Brimob, kepentingan air bersih telah disediakan," tandas Suwarsih, warga setempat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: