Lahan Seluas 1 Hektare Milik Perhutani di Kubangkangkung Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Lahan Seluas 1 Hektare Milik Perhutani di Kubangkangkung Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

PADAMKAN API : Petugas gabungan berupaya memadamkan salah satu titik api di lahan milik perhutani yang terbakar, Rabu (6/9/2023).-Erna Sugiyarti untuk Radarmas-

CILACAP.RADARBANYUMAS.CO.ID - Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap. Kali ini kebakaran terjadi di petak 87 RPH Perhutani di Kubangkangkung, masuk Desa Sidaurip, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten pada Rabu (6/9/2023) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kepulan asap akibat kebakaran sampai hingga jalan raya Kubangkangkung, kemudian petugas Perhutani melakukan pengecekan. Setelah diketahui lokasi titik api, petugas Perhuntani segera melaporkan ke instansi terkait.

"Kita mendapat laporan lalu segera kita kirim petugas ke lokasi kejadian bersama petugas gabungan dari TNI, Polri, Damkar, Satpol PP serta Forkompimcam atau satgas Karhutla Kecamatan Kawunganten," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD Cilacap Erna Sugiyarti, Kamis (7/9/2023).

BACA JUGA:Akibat Alang-Alang Kering, Lahan seluas 5 Hektare di Area Tower Listrik Milik PLN Terbakar

Sekitar 2 jam api berhasil dipadamkan. Untuk penyebab kebakaran hingga saat ini masih dalam penyelidikan serta kerugian masih dalam perhitungan.

"Terdapat 2 titik api yang membakar lahan seluas hampir 1 hektare. Kemudian petugas melakukan penyisiran hingga area perbukitan untuk meminimalisir adanya titik-titik api lainnya," lanjut Erna.

Atas peristiwa tersebut, pihak BPBD mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sampah serta membuang puntung rokok secara sembarangan apalagi di area lahan kosong yang terdapat rumput atau ilalang kering yang mudah terbakar.

"Ditambah saat ini musim kemarau panjang  dan angin bertiup sangat kencang. Hal itu akan mempercepat dan memperbesar area lahan yang terbakar," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: