Pemanfaatan Kolam Retensi Bung Karno Fokus Pada Konservasi SDA

Pemanfaatan Kolam Retensi Bung Karno Fokus Pada Konservasi SDA

Alat berat terus beraktifitas di area pembangunan kolam retensi jalan Bung Karno, Purwokerto, KamisĀ (1/9/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Soal pemanfaatan kolam retensi di kawasan Bung Karno, tetap fokus pada fungsi konservasi sumber daya air (SDA). Terkait pemanfaatan untuk sektor wisata, akan dibahas lebih lanjut ketika sudah diserahkan kepada pemerintah daerah.

"Tetap fokus untuk fungsi konservasi sumber daya air, salah satunya adalah penanggulangan banjir di kawasan Purwokerto," kata Kepala DPU Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo melalui Sub Koordinator Pembangunan Sumber Daya Air (SDA) DPU Banyumas Kabul Raharjo.

Ia menambahkan, setelah selesai dibangun nantinya masih akan menjadi kewenangan pemerintah pusat. Setidaknya selama dua tahun, selama masa pemeliharaan.

"Setalah itu baru diserahkan ke pemda. Kalau sudah diserahkan nanti mau dimanfaatkan seperti apa termasuk wisata akan dibahas lebih lanjut lagi," ujarnya.

BACA JUGA:Selesai Tahun Ini, Kolam Retensi Purwokerto Bakal Bisa Jadi Spot Wisata Baru

BACA JUGA:Kolam Retensi di Kawasan Jalan Bung Karno Ditarget Selesai Desember 2023

Saat ini untuk pembangunan kolam retensi memasuki tahap dua dengan anggaran Rp 42,9 miliar. Akhir Desember nanti ditargetkan pembangunan sudah bisa selesai.

"Saat ini progresnya sudah sekitar 30 persen. Sampai sekarang semua pekerjaan sesuai dengan progres yang diharapkan," paparnya.

Lanjut, kolam retensi ia sebut nantinya akan dilengkapi beberapa sarana rekreasi seperti area pejalan kaki. Dan juga jogging track.

"Jadi bisa untuk rekreasi masyarakat juga," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: