Bakal Ada Lengger Jepang di Kota Lama Banyumas

Bakal Ada Lengger Jepang di Kota Lama Banyumas

Sebagian rombongan dari Jepang sedang latihan di Rumah Lengger, Kamis (31/8/2023) untuk mempersiapkan pertunjukan di Taman Sari, Kota Lama Banyumas.-Sirwan untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Kota Lama Banyumas bakal menyuguhkan pertunjukan lengger di Taman Sari, komplek Kantor Kecamatan Banyumas. Namun kali ini bukan lengger biasa.

Pada Sabtu (2/9/2023) mendatang, akan digelar pertunjukan spesial Lengger Jepang. Sebagian rombongan dari Jepang, yang akan melakukan pertunjukkan Lengger Jepang, sudah sampai di Banyumas.

"Saat ini yang dari Jepang sedang melakukan latihan di Rumah Lengger," kata Lengger Lanang Banyumas, Rianto, Kamis (31/8/2023).

Lengger Banyumas telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) pada 2019 oleh pemerintah. Menjadi pertunjukan langka ketika yang membawakan kesenian tradisional lengger adalah orang Jepang.

BACA JUGA:Kolaborasi Apik Antara Lengger Klasik dan Aplang di Kota Lama Banyumas

BACA JUGA:Penataan Kota Lama Banyumas Ditarget Jadi Destinasi Wisata Internasional

Selain itu, Kota Lama Banyumas juga bakal dimeriahkan oleh kolaborasi antara calung, lengger, dan barongsai atau disingkat Calengsai.

"Tahun 2023 ini merupakan peringatan hubungan kerja sama bidang budaya, politik, dan lainnya antara Indonesia dan Jepang," imbuh Rianto.

Oleh karena itu, Rianto berupaya untuk memberikan kontribusi atas hubungan bilateral Indonesia-Jepang. Rianto sebagai pelaku seni budaya maka menampilkan Lengger Jepang di Kota Lama Banyumas. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: