Lima Desa di Sumpiuh Berpotensi untuk Budi Daya Jagung

Lima Desa di Sumpiuh Berpotensi untuk Budi Daya Jagung

BPP Kecamatan Sumpiuh bersama pihak terkait melakukan panen di demplot jagung, Rabu (30/8/2023).-BPP Kecamatan Sumpiuh untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Demplot atau lahan percontohan budi daya jagung di komplek Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sumpiuh memasuki masa panen, Rabu (30/8/2023).

Hasil panen dari budi daya jagung ini terbilang memuaskan. Sebab, produktivitas sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya ukuran jagung yang besar.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Sumpiuh, Suwinarto menuturkan, paska panen demplot jagung, pihaknya langsung mengagendakan tindak lanjut.

"Setelah ada musim hujan, rencana penanaman jagung," kata Suwinarto.

BACA JUGA:Petani Desa Kamulyan Beli Air untuk Mengairi Sawah Akibat Musim Kemarau

BACA JUGA:Jokowi Kagumi Sekolah Gratis Rintisan Ganjar, Akan Diterapkan Nasional

BPP Kecamatan Sumpiuh memetakan desa/kelurahan yang berpotensi untuk dikembangkan tanaman budi daya jagung. Di antaranya pertimbangan faktor kondisi wilayah tidak terdampak banjir di musim penghujan.

Tercatat ada lima desa/kelurahan di Sumpiuh yang dinilai cocok untuk tanaman jagung. Mulai dari Ketanda, Lebeng, Pandak, Selanegara, dan Kradenan.

"Desa/kelurahan itu yang potensi ditanami jagung karena tidak kena banjir," imbuh Suwinarto.

Demplot tanaman jagung tersebut penanamannya tanpa olah tanah dan perlakuan organik. Oleh karena itu, biaya produksi lebih hemat. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: