Kawsan Industri Cilacap Disiapkan, Diprediksi Ekomoni di Cilacap Melejit Lima Tahun ke Depan

Kawsan Industri Cilacap Disiapkan, Diprediksi Ekomoni di Cilacap Melejit Lima Tahun ke Depan

Sejumlah kendaraan keluar masuk Kawasan Industri Cilacap di Lomanis Cilacap Tengah-Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap sedang menyiapkan sejumlah Kawasan Indrustri Cilacap (KPI). Dan diproyeksi ekonomi di Cilacap akan melejit lima tahun ke depan.

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Nana Fitriawan mengatakan, kondisi ini didukung dengan adanya pembangunan tol di Cilacap.

Yakni trase tol Gedebage (Bandung) - Garut - Tasikmalaya - Cilacap atau Cigatas, tol Jogja - Cilacap, dan rencana Pejagan - Cilacap. 

"Dengan adanya KPI paling mendekati dengan trase tol, dengan ruas 514 hektare. Jarak terdekat dengan tol yaitu KPI Karangkandri, 6 kilometer dari rencana exit tol Jeruk legi di yang lokasinya di Sumampir," katanya.

BACA JUGA:Sampah di Cilacap Berpotensi Sampai 900 Ton Per Hari, Didominasi Sampah Plastik

BACA JUGA:Ekonomi Kreatif di Cilacap Terus Ditingkatkan Melalui Desa Wisata

Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa KPI yang mendekati trase tol lainnya. Diharapkan jika tol berjalan, KPI Karangkandri juga berjalan. 

Terlebih, dalam KPI ini akan menjadi kawasan ekonomi. Terdiri dari perkotaan baru, perumahan baru, dan lainnya. 

"KPI Karangkandri ini dikelola oleh PT CSR Cilacap Segara Artha. Sudah mengajukan proses dari KPI ke KI (Kawasn Industri), melalui SIINas. Ini yang memiliki kewenangan mengubah KPI ke KI. Dan porsesnya cukup lama karena harus beberapa kali diuji kelayakan seperti apa, kesiapan seperti apa," ujar Nana. 

Nana mengatakan, dari 514 hektare, sudah 82 hektare tanah yang memasuki tahap pelaksanaan. Di mana kawasan industri ini diberi brand Cilacap Industrial Park yang akan di bangun di Kecamatan Cilacap Utara.

BACA JUGA:Kedokteran UMP Sukses Gelar Workshop Clinical Teaching dan Penandatanganan MoU Tripartit

BACA JUGA:Tidak Semua Pelaku UMKM Ikuti Pekan Promosi Expo 2023

"Kalau sudah menjadi kawasan indrustri tidak hanya menggaet investor lokal namun juga bisa internasional. Target pangsa pasar kita 60 persen dari luar negeri. Dan kalau terjual semua estimasi lima tahun kedepan perekonomian Cilacap bisa melejit hingga 1.000 persen," kata Nana.

Nana menjelaskan, konsep Cilacap Industrial Park ini mengusung tema green konsep. Dimana akan diperbanyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) serta memiliki pengelolaan air minum. Serta dapat menyerap hingga 7.700 pekerja dan 477 konstruksi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: