Dinnakerkop UKM Banyumas Targetkan Job Fair di 5 SMK

Dinnakerkop UKM Banyumas Targetkan Job Fair di 5 SMK

TINJAU JOB FAIR. Bupati Banyumas Achmad Husein, saat meninjau job fair di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Sabtu (26/8).-AAM JUNI RESTINO/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinnakerkop UKM) Kabupaten Banyumas, tahun ini mentargetkan setidaknya ada lima SMK yang bisa menggelar job fair. Hal tersebut sebagai salah satu upaya perluasan kesempatan kerja, di Kabupaten Banyumas.

"Untuk yang SMK paling tidak ada lima, sampai akhir tahun ini. Nanti kita akan sounding-sounding ke SMK, yang perdana itu SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto," kata Kepala Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas Wahyu Dewanto saat job fair di SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto, Sabtu (26/8).

Ia menambahkan, Jumlah pencari kerja sampai dengan Juli itu sekitar 7.400. Dari jumlah tersebut yang sudah terserap sekitar 2.500.

"Kalau dari kami itu sudah terserap 2000 dari pelatihan Januari sampai Juli. Di Perubahan nanti akan ada 40 pelatihan dengan setiap pelatihan pesertanya ada 20, jadinya nanti bisa menyerap 800," terangnya.

BACA JUGA:Ribuan Pencari Kerja Menyerbu Job Fair 2023 Hari Pertama di Menara Teratai

BACA JUGA:Job Fair di Purwokerto Bakal Digelar Dua Kali Setahun

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Purwokerto Agus Suyono menuturkan, total dalam job fair yang pihaknya selenggarakan ada 25 perusahaan dari berbagai sektor mulai dari jasa, perbankan, pariwisata, bahkan dari perusahaan yang sifatnya pabrik.

"Pendaftar itu 1.419. Mudah mudahan job fair ini bisa bermanfaat, terutama bagi yang belum bekerja," jelasnya.

Disisi lain Bupati Banyumas Achmad Husein menyampaikan, saat ini untuk pencari kerja harus mempunyai skill yang memang dibutuhkan oleh industri. Skill tersebut menurutnya kental dengan perkembangan teknologi dan juga kreativitas.

"Jangan cuma menunggu ada job fair, tetapi harus siap dengan kualitas diri yang lebih baik.  Sehingga siapapun itu dapat bekerja langsung, karena itu memang dicari," pungkasnya. (aam)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: