Produk UMKM Purbalingga Lolos Kurasi Ekspor, Tapi Tak Mampu Penuhi Kapasitas

Produk UMKM Purbalingga Lolos Kurasi Ekspor, Tapi Tak Mampu Penuhi Kapasitas

Cek : Tim kurasi sedang melihat produk UMKM Purbalingga tahun 2022 lalu. (Dok Foto Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Tahun 2022 lalu tak kurang dari 40 produk UMKM di Kabupaten Purbalingga mengalami kurasi dari Tim Kurator produk UMKM dari salah satu perusahan nasional. Banyak yang lolos kurasi untuk ekspor ke luar negeri. Tapi sejumlah kendala dialami oleh beberapa produk, sehingga belum semua terfasilitasi ekspor.

 

Sekretaris Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga, Adi Purwanto, Selasa 8 Agustus 2023 sore mengungkapkan, kopi Gunung Malang lolos kurasi ekspor ke Amerika, namun saat harus memenuhi kapasitas, tidak mampu. Karena mereka juga harus memenuhi permintaan lokal.

 

"Kualitas produk sudah bagus, hanya saja terkendala kapasitas. Lalu permintaan lokal juga penting dan harus dipenuhi," katanya.

 

BACA JUGA:Masih Ditemukan Pemasangan Reklame di Trotoar Purbalingga

 

Adalagi produk UMKM Coktail Nanas masih terkendala kemasan (pengalengan) yang mahal. Lalu kripik buah-buahan masih terkendala tempat produksi. "Produk yang dikurasi semua lolos, tapi masih kurang-kurang sejumlah sertifikat produk," rincinya.

 

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mendorong produk UMKM bisa terus naik kelas. Ia mencontohkan produk rajut dari Desa Tidu yang mampu menembus pasar ekspor.

 

"Ternyata banyak produk UMKM seperti di Bukateja yang berkualitas, bagus-bagus yang tentunya harus kita dorong terus pemasarannya, " ujar Bupati Tiwi dalam arahan di Roadshow Pemulihan Ekonomi Kecamatan Bukateja yang berlangsung di Lapangan Desa Kebutuh, Selasa 8 Agustus 2023. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: