Mengenal Kuliner Khas Banyumas Ranjem, Gorengan Berbahan Ampas Tahu

Mengenal Kuliner Khas Banyumas Ranjem, Gorengan Berbahan Ampas Tahu

Rancem merupakan kuliner khas Banyumas yang berbahan dasar ampas tahu.--

RADARBANYUMAS.CO.ID - Wilayah barat Banyumas khususnya Kecamatan Ajibarang mempunyai kekhasan makanan yang beraneka ragam yang sangat menarik. Dalam pembuatannya juga sangatlah mudah tidak memerlukan peralatan maupun formula yang ribet.

Ranjem. Inilah salah satu makanan khas Ajibarang berbahan dasar dari sisa perasan tahu atau kedelai yang bisa dengan mudah kamu buat sendiri karena semua bumbu ada di sekitar rumah. Penasaran mencoba mengolahnya? Ini bahannya.

Siapakan seperempat ampas tahu sebagai bahan utama. Jika kamu penyuka rasa manis, siapkan juga gula merah secukupnya. Layaknya gorengan kamu juga harus siapkan tepung terigu.

BACA JUGA:Mencicipi Kuliner Khas Banyumasan Kampel, Burger Lokal Khas Ajibarang

Masuk ke bumbu, siapkan empat siung bawang putih, enam siung bawang merah dan lima ruas kencur, garam, daun bawang berikut cabe rawit dan air bening. Kamu penyuka pedas dapat menambahkan jumlah cabe rawit sesukamu. Agar Ranjem buatanmu semakin enak, semakin banyak kencur akan berpengaruh.

Sulitkah membuat Ranjem? Cukup dua langkah ini yang perlu kamu lakukan. Pertama kamu tumbuk halus semua bumbu dan campur menjadi satu dengan ampas tahu. Jangan lupa tambahkan garam dan potongan daun bawang. Sebelum lanjut ke langkah kedua tes rasa adonanmu.

Setelah rasanya kamu rasa pas,  langkah kedua, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan masukkan ke dalam tepung yang di encerkan. Ingat jangan terlalu encer. Sebisa mungkin tekstur tepung yang kamu encerkan masih agak kental supaya saat di goreng tidak hancur.

BACA JUGA:Mengenal Sajian Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Kebanggaan Cilacap

Hati-hati juga saat kamu menggorengnya. Jangan terlalu sering di bolak-balik. Jika dilakukan maka Ranjemmu bisa hancur dan justru membuat minyak menjadi kotor. Usai digoreng, sajikan Ranjem dengan secangkir teh atau kopi sebagai teman bersantap mengisi waktu sore kamu.

Terlihat remeh dan tidak banyak berbeda dengan gorengan lain pada umumnya, kekhasan Ranjem membuatnya saat ini tidak mudah ditemui setiap saat di penjual-penjual gorengan ata warung bahkan di Kota Ajibarang sekalipun.

Dijual dengan harga Rp 500 per bulatan, cemilan ini mempunyai rasa khas dan gurih. Tak kalah dengan mendoan dan kampel sehingga membuatmu ketagihaan saat memakannya. Selamat berburu kuliner kawan. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: